logo
×

Minggu, 13 Februari 2022

PM Norwegia Putuskan Akhiri Pandemi Covid-19 dan Kembali Hidup Normal

PM Norwegia Putuskan Akhiri Pandemi Covid-19 dan Kembali Hidup Normal

DEMOKRASI.CO.ID - Salah satu negara Skandinavia, Norwegia, akan menghilangkan kebijakan lockdown yang diterapkan saat pandemi Covid-19.

Norwegia sudah menghapus kebijakan lockdown tersebut sejak 1 Februari lalu. Meski begitu, wilayah kepulauan Arktik Svalbard menjadi pengecualian dengan masih menerapkan lockdown karena layanan kesehatan di sana yang masih terbatas.

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Stoere mengatakan, hal itu disebabkan optimisme negaranya memandang bahwa Covid-19 varian Omicron yang tidak berbahaya serta layanan kesehatan yang akan tetap beroperasi dengan baik meski angka penularan tinggi.

"Kami menghapus hampir semua tindakan pencegahan virus corona. Pandemi virus corona tidak lagi menjadi ancaman kesehatan utama bagi sebagian besar dari kita. Virus omicron menyebabkan penyakit yang jauh lebih ringan dan kita terlindungi dengan baik oleh vaksin," ujar Jonas dikutip dari Reuters, Minggu (13/2/2022).

Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat Norwegia tidak lagi harus menjaga jarak dan memakai masker di tempat umum. Kebijakan itu juga membuat klub malam dan tempat hiburan lain yang terkena dampak pandemi sebelumnya dapat melanjutkan bisnis mereka secara penuh.

Selain itu, seseorang yang terjangkit virus tidak diwajibkan isolasi diri. Mereka hanya perlu tinggal di rumah selama empat hari.

Pelancong yang hendak ke Norwegia juga tidak perlu lagi mendaftarkan kedatangan mereka sebelumnya. Ini karena pemerintah Norwegia juga telah menghapus persyaratan untuk bukti tes negatif Covid-19 sebelum keberangkatan untuk beberapa pengunjung, seperti orang yang tidak divaksinasi. [law-justice]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: