logo
×

Sabtu, 26 Februari 2022

Viral Video Pilot Pesawat Jet Dijuluki 'Hantu Kiv' yang Berhasil Jatuhkan Jet Rusia

Viral Video Pilot Pesawat Jet Dijuluki 'Hantu Kiv' yang Berhasil Jatuhkan Jet Rusia

DEMOKRASI.CO.ID - Viral video penampakan seorang pilot pesawat tempur MiG-29 Ukraina yang dijuluki  "The Ghost of Kyiv" (Hantu Kyiv) dsebarkanluaskan oleh netizen. 

Pengguna media sosial pada hari Jumat membagikan video yang diduga menunjukkan jet MiG-29 melayang di langit di beberapa kota di Ukraina, melansir Newsweek, Jumat (25/2/2022).

Hal itu karena beberapa klaim yang tidak berdasar mulai dari klaim sang pilot berhasil menjatuhkan beberapa jet Rusia.

Banyak yang menyebut pilot misterius itu sebagai pahlawan dan "Ace Eropa pertama sejak Perang Dunia II."

Tapi "Hantu Kyiv" kemungkinan besar tidak nyata, melainkan hanya pahlawan imajiner yang dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia.



Seorang Ace dalam penerbangan adalah istilah yang diberikan kepada seorang penerbang militer yang dapat menjatuhkan lima atau lebih pesawat musuh dalam pertempuran udara.

Namun, tidak ada bukti bahwa "Hantu Kyiv" ada dengan otoritas Ukraina tidak mengkonfirmasi keberadaan mereka.

Valerii Zaluzhnyi, panglima angkatan bersenjata Ukraina, hanya mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada hari Kamis bahwa setidaknya enam pesawat Rusia dan dua helikopter telah hancur pada hari pertama pertempuran.

Meski demikian, banyak pengguna sosial media yang mengharapkan "Hantu Kyiv" itu nyata.

"Tolong biarkan Hantu Kyiv menjadi nyata," tulis pengguna Twitter Jason Calacanis, berbagi klip sembilan detik yang menunjukkan jet tempur MiG-29 terbang melewati daerah pemukiman di kota Ukraina.

"Saya memohon media besar untuk melaporkan apakah 'The Ghost of Kyiv' benar-benar ada — seolah-olah benar bahwa hari ini seorang pilot pesawat tempur Ukraina yang heroik seorang diri menjatuhkan *6* jet Rusia, jagoan terbang ini segera menjadi simbol yang menggugah Perlawanan Ukraina terhadap kejahatan perang Putin," cuit penulis dan pengacara Seth Abramson.

Abramson membagikan gambar yang diduga menunjukkan "The Ghost of Kyiv" menerbangkan MiG-29 tua, yang ia ambil dari video yang beredar luas.

"Sekali lagi, kami *belum tahu* apakah ini nyata atau tidak," jelasnya.

Yang lain kemudian mengatakan bahwa, apakah "Hantu Kyiv," itu nyata atau tidak, pilotnya adalah "inspirasi bagi kita semua."

"Semoga mesin Anda menyala panas dan semangat Anda tidak pernah padam, The Ghost of Kyiv," seorang pengguna YouTube mengomentari video berjudul, "Ace Fighter Pertama Abad 21!? Pilot #Ukraina Mengklaim 6 Tewas pada Hari 1."

Pengguna Twitter lainnya menambahkan: "Orang-orang menyebut satu-satunya pilot MiG-29 ini sebagai 'Ghost of Kyiv'.

Dia dilaporkan mencetak 3-4 kemenangan hari ini, kurang dari sehari setelah invasi. Semoga berhasil."

Sementara itu, angkatan bersenjata Ukraina berbagi video, mengklaim bahwa itu menunjukkan MiG-29 Ukraina menjatuhkan jet tempur Rusia dalam pertempuran udara.

Namun, klip itu yang pertama kali diunggah ke platform berbagi video YouTube dan diberi judul "GHOST OF KIEV KILL."

Pengunggah mengklaim dalam deskripsi video bahwa rekaman itu dibuat menggunakan simulator pertempuran digital.

"Rekaman ini dari DCS (Digital Combat Simulator), tapi tetap dibuat untuk menghormati 'The Ghost of Kiev.' Jika dia nyata, semoga Tuhan menyertainya; jika dia palsu, saya berdoa untuk lebih seperti 'dia'," tulis pengguna tersebut. []

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: