logo
×

Kamis, 03 Maret 2022

Dana Afghanistan Dialihkan AS untuk Korban 9/11, China: Ini Pelanggaran Serius Hukum Internasional

Dana Afghanistan Dialihkan AS untuk Korban 9/11, China: Ini Pelanggaran Serius Hukum Internasional

DEMOKRASI.CO.ID - Keputusan Pemerintah Amerika Serikat yang mengalihkan setengah dari aset Afghanistan senilai 7 miliar dolar AS yang dibekukan Washington untuk memberikan kompensasi kepada para korban serangan teroris 9/11 mendapat kritik tajam dari perwakilan tetap China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Zhang Jun.

Di sesi PBB yang berlangsung pada Rabu (2/3), Zhang mengkritik apa yang dia sebut "pembekuan atau penyelewengan yang kejam" aset-aset Afghanistan oleh Washington pada saat negara itu menghadapi krisis kemanusiaan.

"Praktik penanganan aset luar negeri negara lain secara sewenang-wenang di bawah hukum domestik tidak memiliki preseden," kata Zhang pada sesi pengarahan Dewan Keamanan PBB tentang Afghanistan, seperti dikutip dari CGTN, Kamis (3/3).

"Ini adalah pelanggaran kedaulatan dan properti nasional Afghanistan, dan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional," lanjutnya.

AS membekukan aset senilai lebih dari $9 miliar milik bank sentral Afghanistan setelah Taliban menguasai Afghanistan Agustus lalu.

Bulan lalu, Presiden AS Joe Biden menandatangani perintah eksekutif bulan lalu untuk mengalihkan setengah dari aset Afghanistan yang dibekukan oleh Amerika Serikat untuk memberikan kompensasi kepada para korban serangan teroris 9/11 di negara itu.

Zhang mencatat bahwa 22,8 juta warga Afghanistan menghadapi kerawanan pangan yang parah, dan 3,2 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami kekurangan gizi parah, mengutip statistik dari Program Pangan Dunia.

“Bagi rakyat Afghanistan, aset-aset ini adalah uang penyelamat hidup mereka dan harapan mereka untuk bertahan hidup. Ketika rakyat Afghanistan sangat membutuhkannya, pembekuan atau penyelewengan aset-aset ini secara kejam merupakan cedera sekunder bagi mereka, dan sepenuhnya bertentangan dengan semangat yang semestinya. moralitas dan keadilan,” katanya.

"China menyerukan pengembalian segera dan tanpa syarat aset-aset itu kepada rakyat Afghanistan secara penuh," katanya.

"Pada saat kritis ini, membantu Afghanistan meredakan krisis kemanusiaan dan menstabilkan ekonomi harus menjadi prioritas yang paling penting dan mendesak," lanjut Zhang, menekankan bahwa tidak ada kondisi politik yang harus dikaitkan dengan bantuan kemanusiaan. [rmol]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: