logo
×

Jumat, 04 Maret 2022

Suara Azan Disunnahkan Sekuat-kuatnya, Buya Yahya: Alquran Dikumandangkan Kok Terganggu, Iman Anda di Mana?

Suara Azan Disunnahkan Sekuat-kuatnya, Buya Yahya: Alquran Dikumandangkan Kok Terganggu, Iman Anda di Mana?

DEMOKRASI.CO.ID - Peraturan tentang volume suara azan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas masih menggelinding. Video dari penceramah kondang Buya Yahya pun kembali viral.

Dalam video yang diunggah pada 3 tahun lalu itu pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon ini menegaskan bahwa volume suara azan di setiap masjid tidak bisa diperkecil.

Sebab, kata Buya Yahya, suara azan memiliki keistimewaan karena untuk mengundang umat Islam salat.

“Spesial untuk azan karena mengundang orang salat itu disunnahkan sekuat-kuatnya suara, sejauh-jauhnya jangkauan. Karena semuanya yang mendekat ini akan jadi saksi di akhirat,” ujar Buya Yahya, sebagaimana dikutip dari video YouTube Al-Bahjah TV, Jumat, 1 Maret 2022.

“Intinya untuk masalah suara azan jangan diganggu karena temponya juga tidak lama. Kalau pemerintah membatasi suara azan mungkin harus diralat,” katanya.

Namun demikian, pria bernama lengkap Yahya Zainul Ma’arif ini tidak mempersalahkan jika pemerintah hanya mengatur volume speaker masjid untuk kegiatan pengajian, ceramah, dan acara lainnya.

“Kalau azan nggak boleh ditawar, harus tinggi suaranya. Untuk acara lainnya boleh diatur, misal di suatu perkotaan terdapat perumahan padat. Kalau baca Alquran dengan suara speaker keras hukumnya haram karena takut mengganggu ketentraman masyarakat situ,” ujar Buya.

“Tapi di sisi lain Anda jangan gampang merasa terganggu deh. Kalau udah urusan dengan Alquran. Orang Alquran dikumandangkan kok anda merasa terganggu. Iman Anda di mana,” katanya. [fajar]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: