logo
×

Selasa, 22 Maret 2022

Telak Banget! Refly Harun Suruh Ketua MK Mundur Bila Punya Etika

Telak Banget! Refly Harun Suruh Ketua MK Mundur Bila Punya Etika

DEMOKRASI.CO.ID - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menilai apabila Anwar Usman memiliki etika yang baik, seharusnya yang bersangkutan mundur dari jabatannya sebelum menikahi adik Presiden Jokowi, Idayati.

“Kalau etika tinggi harusnya mundur, tetapi saya pesimistis. Karena bukankah jabatan sebagai Ketua MK itu sebagai daya tawar ke keluarga presiden?” kata Refly saat dihubungi, Selasa (22/3).Refly menilai tugas seorang hakim konstitusi, seperti Anwar, sangat berat.

Yang jadi persoalan, lanjut Refly, setiap orang tidak bisa menebak hati seorang hakim ketika sedang menjalankan tugasnya.

“Prinsipnya adalah kalau ada hubungan keluarga, maka hakim tidak boleh menyidangkan kasus itu. Karena dianggap tidak mungkin bisa netral. Jadi ini sudah menjadi bagian dari kode etik hakim secara universal,” kata dia.

Meski demikian, lanjut Refly, kode etik seperti itu biasanya masyarakat Indonesia sering permisif.Masyarakat Indonesia cenderung mengabaikan fakta itu apabila dianggap tidak melanggar hukum.

“Etika itu derajatnya lebih tinggi daripada hukum. Orang taat pada etika itu, lebih hebat daripada orang taat pada hukum,” jelas dia.  [wartaekonomi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: