logo
×

Minggu, 12 Juni 2022

6 Fakta Sejak Ditemukannya Eril Hingga Pulang Ke Tanah Air

6 Fakta Sejak Ditemukannya Eril Hingga Pulang Ke Tanah Air

DEMOKRASI.CO.ID - Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril, pertama kali dinyatakan hilang terbawa arus sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil dan tim bersama kepolisian maritim setempat langsung melakukan pencarian. Meski belum ditemukan, Jumat, 3 Juni 2022, secara resmi Ridwan Kamil menyatakan Eril telah meninggal dunia.

Rabu, 8 Juni 2022 pukul 06.50 waktu setempat, jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Dan Sabtu, 11 Juni 2022 jenazah Eril terbang dari Bern ke Jakarta.

Berikut 6 fakta sejak ditemukannya jasad Eril hingga dipulangkan ke Indonesia.

1. Sosok berjasa Heinrich dan Geraldine


Geraldine Beldi, seorang guru SD yang pertama kali menemukan jenazah Eril di Bendungan Engehalde. Pada saat itu, ia sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar.

Begitu melihat sesosok jenazah, Geraldine langsung menelpon polisi dan diidentifikasi jasad tersebut adalah Eril putra Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil kemudian meminta bantuan kepada di tim di Swiss mencari guru SD tersebut untuk menyampaikan ucapan terima kasihnya. Dan akhirnya keduanya bisa bertemu secara langsung.

Sebelumnya juga Ridwan Kamil telah bertemu sosok berjasa lainnya, yaitu seorang pria warga Kota Bern, bernama Heinrich. Ia merupakan orang yang menyelamatkan Zara, Putri Ridwan Kamil atau adik dari Eril.

Heinrich yang pada saat kejadian kebetulan berada di lokasi kejadian dan sempat membantu Zara untuk naik ke pinggir sungai. 

2. Eril pulang ke tanah air


Ridwan Kamil berada di Bandara Zurich, Swiss pada Sabtu (11/6/2022) waktu setempat untuk membawa jasad putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz ke tanah air.

Hal ini diketahui dari unggahan foto Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, Ridwan Kamil beserta rombongan berangkat dari Bandara Udara Bern pukul 10.10 waktu Swiss menggunakan maskapai Qatar 

Pesawat tersebut dijadwalkan tiba di tanah air pada Minggu (12/6/2022) pukul 15.45 WIB dan langsung bergerak menuju Gedung Pakuan, Bandung menggunakan jalur darat. 

3. Persiapan penjemputan

Jenazah Eril akan dijemput langsung dari landasan pacu untuk kemudian pihak Kemenlu RI akan melakukan serah terima pada keluarga. Pihak Angkasa Pura II juga telah menyediakan ambulans dan bus sebagai moda transportasi menuju rumah duka. 

Direncanakan Ridwan Kamil akan tiba di Pakuan pada pukul 22.00 WIB, Minggu malam.

Sebab menurut Juru Bicara Pemprov Jabar, Wahyu Mijaya, setelah disemayamkan satu malam, jenazah akan diberangkatkan menuju area pemakaman di kawasan Cimaung, untuk dikebumikan, pada Senin (13/6/2022).

4. Lokasi peristirahatan terakhir Eril di lahan keluarga
Jasad Eril akan dikebumikan pada Senin (13/6/2022) di sebuah lahan milik keluarga besar Ridwan Kamil yakni di kawasan Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Lokasi pemakaman berjarak sekitar 30 kilometer dari rumah dinas Ridwan Kamil atau Gedung Pakuan. Terbaru, melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengunggah sebuah bangunan yang dimana akan berada makam Eril dan masjid megah bernama Al Mumtadz.

5. Eril disemayamkan di samping Masjid AL Mumtadz


Melalui instagram pribadinya, Ridwan Kamil membagikan desain makan Eril dan desain bangunan masjid Al Mumtadz yang dirancang sendiri oleh Ridwan Kamil.

Masjid ini dinamai seperti nama sang anak tersebut bernuansa serba putih dengan bentuk kubahnya memiliki aksen dan desain yang unik. Masjid tersebut bertempat di kampung ibunda Eril, Atalia Praratya. Masjid Al Mumtadz memiliki arti “terbaik”.

6. Prosesi pemakaman diamankan 150 personel

Sebanyak 150 personel dari aparat gabungan akan diterjunkan untuk pengamanan demi kelancaran prosesi pemakaman putra Ridwan Kamil. Mulai dari kepolisian, Satpol PP, hingga dinas perhubungan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo di Bandung, pada Sabtu (11/6/2022).

Hal tersebut juga untuk memastikan ketertiban llalu lintas dari rumah duka menuju ke lokasi makam. Personel lain juga akan disebar di berbagai perempatan hingga pertigaan di sepanjang perjalanan menuju ke kawasan Cimaung. [tvonennews]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: