logo
×

Selasa, 14 Juni 2022

Antisipasi Ancaman Korea Utara: AS, Jepang dan Korea Selatan Gelar Latihan Pertahanan Rudal di Hawaii

Antisipasi Ancaman Korea Utara: AS, Jepang dan Korea Selatan Gelar Latihan Pertahanan Rudal di Hawaii

DEMOKRASI.CO.ID - Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang direncanakan akan menggelar latihan gabungan pencarian dan pelacakan rudal di perairanan Hawaii Agustus mendatang, untuk meningkatkan kesiapan mereka untuk menghadapi ancaman Korea Utara menurut sumber informasi Selasa.

Latihan bertajuk 'Naga Pasifik' yang digelar dua tahunan itu dijadwalkan berlangsung dari 1 hingga 14 Agustus, seiring dengan usaha ketiga negara untuk meningkatkan kerja sama keamanan, di tengah ketegangan yang disebabkan oleh peluncuran rudal Korea Utara baru-baru.

Selain itu, rencana tersebut tidak lepas dari spekulasi Korea Utara dapat melakukan uji coba senjata nuklir beberapa minggu mendatang, akan menjadi yang pertama sejak tahun 2017 jika terealisasi.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup, bersama Lloyd Austin dari Amerika Serikat dan Nobuo Kishi dari Jepang, sepakat untuk mengadakan latihan trilateral secara konsisten selama pembicaraan mereka di sela-sela forum keamanan di Singapura.

Latihan tersebut akan dilanjutkan pada kesempatan Latihan Lingkar Pasifik (RIMPAC) Pimpinan AS, yang dijadwalkan berlangsung dari 29 Juni hingga 4 Agustus. Di RIMPAC, ketiga negara akan mengerahkan kapal perang angkatan laut, personel dan aset lainnya.

Dalam latihan Pacific Dragon edisi tahun ini, Kanada dan Australia juga diharapkan untuk berpartisipasi, menurut sumber tersebut, seperti melansir Korea Times 14 Juni.

Selain latihan pelacakan rudal, Seoul, Washington dan Tokyo diperkirakan akan menggelar latihan peringatan rudal gabungan triwulanan mereka akhir tahun ini, sebagaimana disepakati selama pembicaraan ketiga menteri pertahanan akhir pekan lalu. [voi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: