logo
×

Senin, 13 Juni 2022

Mengaku Tidak Tertarik dalam Konflik Rusia-Ukraina, Wei Fenghe: China Tidak Pernah Beri Dukungan Material kepada Rusia

Mengaku Tidak Tertarik dalam Konflik Rusia-Ukraina, Wei Fenghe: China Tidak Pernah Beri Dukungan Material kepada Rusia

DEMOKRASI.CO.ID - Menekan Rusia dengan beragam sanksi yang bertubi-tubi tidak akan menyelesaikan masalah. Penasihat Negara sekaligus Menteri Pertahanan China Wei Fenghe mengatakan hal itu, menyerukan lagi dukungan Beijing untuk upaya damai bagi Rusia dan Ukraina.

Fenghe memperingatkan, "mencoba mengisolasi Rusia hanya akan membuat masalah semakin buruk."

“Konflik atau perang adalah hal terakhir yang ingin dilihat China di Ukraina. Pada saat yang sama, kami tidak percaya bahwa tekanan atau sanksi maksimum dapat menyelesaikan masalah. Ini dapat menyebabkan lebih banyak ketegangan dan memperburuk masalah," Fenghe dalam pidato di forum keamanan Dialog Shangri-La di Singapura yang disiarkan langsung di YouTube.

Ia juga menolak kritik yang menyebutkan China memberikan dukungan terselubung atas invasi Rusia.

"Beijing tidak tertarik dalam konflik tersebut. China tidak pernah memberikan dukungan material apa pun kepada Rusia," katanya.

Beijing sejak awal invasi menginginkan adanya dialog damai. Fenghe berharap bahwa Amerika Serikat dan NATO akan mengadakan pembicaraan dengan Rusia untuk gencatan senjata secepatnya.

Meskipun mempertahankan status netral pada konflik yang sedang berlangsung di Ukraina, para ahli telah menandai bahwa perdagangan bilateral China dengan Rusia meningkat dua kali lipat sejak perang pecah. [rmol]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: