logo
×

Jumat, 08 Juli 2022

Heboh Kasus Penyelewengan Donasi ACT, Ganjar Pranowo Bandingkan dengan Baznas

Heboh Kasus Penyelewengan Donasi ACT, Ganjar Pranowo Bandingkan dengan Baznas

DEMOKRASI.CO.ID - Berita kontroversi yang dilakukan petinggi perusahaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat heboh masyarakat beberapa hari belakangan ini. Hal ini langsung mendapat tanggapan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo, mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih lembaga terkait untuk menyalurkan dana zakat, infak maupun sodaqoh.

Ganjar menyampaikan, masyarakat lebih baik menyalurkan dana melalui lembaga yang tidak memiliki rekam jejak negatif agar lebih aman dan terjamin, seperti Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas.

Menurutnya, Baznas tidak hanya mengumpulkan dana saja, tetapi juga data penyalurannya untuk para penerima jelas. Sebab Baznas merupakan badan zakat resmi milik negara yang kegiatannya diawasi langsung.

“Baznas menurut saya lebih bagus ya. Tidak hanya mereka membagikan atau mengumpulkan saja, apakah mustahik-mustahiknya dicatat tapi governance-nya juga perlu dicatat,” ujar Ganjar.

Ganjar menjelaskan, Baznas tidak hanya diatur melalui Undang-Undang saja, terapi juga beberapa lembaga tinggi seperti Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, penyaluran dananya terjamin.

Menurutnya, perbedaan dengan ACT yang segala kegiatannya dijalankan sendiri oleh perusahaannya, sehingga pengawasannya jadi tidak bebas.

“Tapi beda, ACT kan juga bukan model zakat. Dia kan institusi sosial dibawah Kemensos. Kalau ini (Baznas) kan ngga ini undang-undang terus Kemenag mengatur, Pemda mengatur dan ini unsurnya juga sudah jelas,” jelas Ganjar.

“Fiqihnya ada, aturannya ada, syaratnya ada maka betul-betul aturan agama kalo ini. Dari awal kita udah ingatkan agar governance-nya ada. Maka berikutnya juga harus perlu diaudit ya gitu,” pungkasnya. (jpg/fajar)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: