logo
×

Senin, 22 Agustus 2022

Dishub Bandung Uji Coba Rekayasa Lalin di Jalan Jakarta Hari Ini

Dishub Bandung Uji Coba Rekayasa Lalin di Jalan Jakarta Hari Ini

DEMOKRASI.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menerapkan uji coba rekayasa lalu lintas mulai hari ini, Senin (22/8). Rekayasa lalin ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di kawasan Jalan Jakarta - Jalan Ahmad Yani (Cicadas) - Jalan Sukabumi - Jalan Supratman.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bandung.Khairur Rijal mengatakan, rekayasa ini selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas, juga merupakan upaya memaksimalkan kapasitas badan jalan yang ada di kawasan tersebut.

"Sehingga jangan sampai ada satu jalan yang menumpuk kendaraan, namun ada ruas jalan yang kosong," kata Rijal, Snin (22/8).

Dia menjelaskan, untuk saat ini fly over di persimpangan Jalan Jakarta - Ahmad Yani - Sukabumi - Supratman masih berlaku satu arah (dari Jalan Jakarta ke arah Jalan Supratman).

"Untuk uji coba tahap satu masih satu arah," ujarnya.

Adapun pola rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut sebagai berikut. Pertama, Jalan Sukabumi, semula satu arah menjadi dua arah.

Kedua, persimpangan Jalan Sukabumi-Jalan Cianjur, diberlakukan larangan belok kanan, untuk mencegah terjadinya persimpangan, sehingga tidak menimbulkan potensi hambatan lalu lintas baru.

Untuk pagi hari (06.00 s/d 09.00 WIB), semua kendaraan dari Jalan Sukabumi hanya diperbolehkan belok kiri di Jalan Ahmad Yani (samping fly over) dan dilarang belok kanan ke Cicadas.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang kapasitas jalan yang lebih banyak untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Jakarta.

Sedangkan untuk sore hari (Pukul 16.00 s/d 18.30 WIB), kendaraan dari Jalan Sukabumi, diperbolehkan untuk belok kiri dan belok kanan ke Cicadas di Jalan Ahmad Yani (depan KFC) serta diperbolehkan juga memutar dibawah fly over menuju Jalan Jakarta (hanya ke arah Antapani).

Untuk kendaraan dari Jalan Jakarta dilarang menggunakan lajur sisi kanan flyover. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pembebanan lalu lintas di Kawasan Cicadas (Jalan Ahmad Yani - Jalan Ibrahim Adjie).

Uji coba ini akan dilakukan selama satu minggu dan sosialisasi mulai dilakukan minimal 7 (tujuh) hari sebelum pelaksanaan uji coba.

Untuk tahap kedua, akan dipertimbangkan penggunaan opsi fly over menjadi dua arah pada waktu sibuk sore (16.00- 18.30 WIB). Sehingga kendaraan dari Jalan Supratman dapat langsung naik ke fly over kemudian ke Jalan Jakarta, Flyover Pelangi menuju Kawasan Antapani dan Arcamanik.

Pola tahap 2 akan dilakukan setelah adanya evaluasi pelaksanaan uji coba tahap satu.[cnn]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: