logo
×

Senin, 15 Agustus 2022

Formasi PPPK Guru Agama 2022 Buat Guru Honorer Sumringah, Peluang Terbuka Lebar

Formasi PPPK Guru Agama 2022 Buat Guru Honorer Sumringah, Peluang Terbuka Lebar

DEMOKRASI.CO.ID - Usulan Formasi PPPK Guru agama 2022 membuat para Guru Honorer Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah sumringah.

Dengan adanya Formasi PPPK Guru agama 2022, para tenaga honorer yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) bisa lega.

Ketua Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Musbihin menyambut baik adanya Formasi PPPK Guru agama 2022.

Musbihin mengatakan puru honorer PAI di Kebumen sangat bersyukur karena doa-doa mereka dikabulkan.

Dengan adanya Formasi PPPK Guru agama yang diusulkan pemerintah, maka peluang Guru Honorer PAI untuk menjadi PPPK semakin terbuka. SK PPPK pun sudah di depan mata.

Guru Honorer PAI ini mengatakan, pada 2020, program PPPK 1 juta guru tidak mengakomodir guru PAI.

Saat itu, Kebumen hanya mengusulkan formasi CPNS untuk guru PAI sebanyak 24 orang. Namun pemerintah pusat tidak menyediakan formasi CPNS, sehingga 24 formasi itu dialihkan ke PPPK.

Musbihin mengatakan sebanyak 448 guru di Kebumen lulus passing grade (PG) saat mengikuti seleksi PPPK 2021, termasuk di antaranya 240 Guru agama.

“Jadi, guru lulus PG sebanyak 448. Dari jumlah itu yang untuk guru PAI sebanyak 240 formasi,” ucap Musbihin, seperti dilansir JPNN, Senin (15/8).

Nah, Pemkab Kebumen telah mengusulkan Formasi PPPK 2022 sebanyak 596 kuota. Dari jumlah itu, 448 di antaranya adalah Formasi PPPK guru.

Musbihin berharap Guru Honorer negeri yang lulus PG, bisa terangkat seluruhnya dalam seleksi PPPK 2022. Kalaupun ada sisa, kata dia, hanya untuk guru swasta sebanyak 178. Musbihin menyebutkan guru lulus PG negeri dan swasta sebanyak 626 orang.

Yang akan diselesaikan dahulu guru negeri sebanyak 448, terdiri dari guru PJOK, GPAI SDN, guru kelas SDN dan guru mata pelajaran SMPN.

Meski lega 448 guru lulus PG terakomodasi tahun ini, tetapi Musbihin masih sedih karena sebanyak 178 guru swasta belum dapat formasi.

“Kami sudah mencoba, tetapi Pemkab ingin menyelesaikan dahulu Guru Honorer negeri. Mudah-mudahan teman-teman di sekolah swasta bisa diangkat sebelum ada penghapusan honorer,” pungkasnya.

Formasi PPPK 2022 Kabupaten Kebumen

Sebelumnya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan sudah mengusulkan Formasi PPPK 2022 sebanyak 596 kuota. Jumlah itu terdari Formasi PPPK guru, tenaga kesehatan dan teknis.

“Paling banyak kita usulkan untuk guru 448 kuota, 36 tenaga teknis, 112 tenaga kesehatan. Jadi total yang sudah kita ajukan ke pemerintah pusat ada 596 kuota PPPK,” ujar Arif Sugiyanto.

Untuk pelamar PPPK guru, ada prioritas utama, yakni tenaga honorer kategori II (K2) yang memenuhi nilai ambang batas seleksi PPPK Guru 2021. Kemudian guru non ASN yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Guru 2021.

Sisa Formasi PPPK Guru 2021 Kabupaten Kebumen yang diusulkan sejumlah 448 formasi. Sisa formasi itu ditambah dengan Formasi PPPK 2022, sehingga totalnya sebanyak 596 formasi. (fajar)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: