logo
×

Minggu, 07 Agustus 2022

Jokowi Bareng Ganjar di CFD Solo, Ganjarist Bicara Endorse Nyapres

Jokowi Bareng Ganjar di CFD Solo, Ganjarist Bicara Endorse Nyapres

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo tampak berjalan-jalan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, pagi ini. Ganjarist menyebut kedekatan keduanya sudah menjadi rahasia umum.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Eko menilai kedekatan Jokowi dan Ganjar tak hanya terkait hubungan di pemerintahan. Menurut Eko, Jokowi dan Ganjar memilki kedekatan secara personal.

"Kedekatan itu bukan hanya hubungan Presiden dan Gubernur. Tetapi Pak Jokowi secara personal dan Mas secara personal. Bila berjumpa bahasa tubuh keduanya menggambarkan kehangatan," ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko menilai kebersamaan itu bisa ditafsirkan adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi kepada Ganjar untuk maju capres 2024. Eko menyebut Jokowi sering menggunakan bahasa simbol dalam melakukan komunikasi politik. Meskipun begitu, dia tak heran bila Ganjar turut hadir dalam agenda Jokowi melakukan CFD di Solo.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu. Kita tahu Pak Jokowi itu orang Solo. Beliau banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya," katanya.

"Tapi kalau acara CFD-nya Pak Jokowi di Solo, wajar ada Gubernur Jateng. Wong, emang setiap Pak Jokowi pulang ke Solo selalu ditemani Mas Ganjar, kan," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi berjalan-jalan di CFD, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Ganjar Pranowo tampak menemani dan beberapa kali terlihat berbincang serius.

Jokowi memulai berjalan-jalan pukul 07.20 WIB ditemani ibu negara Iriana dan cucunya Jan Ethes Srinarendra. Mereka baru bertemu Ganjar di kawasan Loji Gandrung.

Sampai di kawasan Ngarsopuro, Jokowi dan Ganjar sempat berbincang. Tampak dari raut muka mereka sedang mengobrol serius.

Ganjar mengaku hanya kebetulan bertemu Jokowi. Dia mengatakan datang ke CFD untuk berolahraga.

"Ketemu di jalan. Aku lari sampe gembrobyos (berkeringat). Ra mudeng (nggak tahu Pak Jokowi mau ke CFD)," kata Ganjar usai menemani Jokowi di Ngarsopuro, Minggu (7/8/2022).

Dia mengaku sempat bertanya kepada Jokowi saat pertama kali bertemu di Loji Gandrung. Menurutnya, Jokowi hanya ingin melihat-lihat CFD Solo. [detik] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: