logo
×

Selasa, 02 Agustus 2022

Ketua HMI Ajak Masyarakat Proaktif dan Kritis Sambut Pemilu 2024

Ketua HMI Ajak Masyarakat Proaktif dan Kritis Sambut Pemilu 2024

DEMOKRASI.CO.ID - Masyarakat sebagai pemilik suara harus lebih aktif dalam berpartisipasi jelang Pemilu Serentak 2024. Tidak hanya di hari pencoblosan, tetapi masyarakat perlu berpartisipasi sejak hari ini.

Bagi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang, Fadel Iqbal Fauzi, tingkat keaktifan masyarakat tersebut, menjadi cerminan dari kualitas dan perkembangan demokrasi di Indonesia.

"Partisipasi masyarakat dalam politik sangat berarti bagi tumbuh kembangnya sebuah demokrasi yang berkedaulatan rakyat," ujar Fadel dalam keterangannya, Selasa (2/8).

Fadel juga meminta, masyarakat agar tidak lengah dalam mengawal jalannya demokrasi. Pasalnya, tanpa pengawalan yang sungguh-sungguh dari masyarakat, demokrasi hanya akan menjadi alat promosi dan legitimasi elit.

"Benar bahwa demokrasi memfasilitasi masyarakat dalam menyalurkan keinginan dan aneka kebutuhan publik lainnya. Namun, itu semua hanya akan berjalan baik kalau diiringi dengan kontrol publik yang baik," terangnya.

Lanjutnya, gelombang partisipasi masyarakat dalam momentum pemilu memang mengalami pembaikan dari waktu ke waktu. Namun, partisipasi tersebut tidak diimbangi dengan semangat kesadaran dan kekritisan masyarakat dalam menentukan arah politik bangsa.

"Sehingga yang terjadi justru masyarakat dieksploitasi suara dan keterlibatannya dalam elektoral. Ini yang tidak kita kehendaki sebetulnya," terangnya.

Dia pun mengajak masyarakat agar sembari proaktif terhadap politik juga mampu mengaktivasi kesadaran kritisnya.

"Dengan begitu tercipta apa yang kita sebut sebagai partisipasi sadar dan kritis," pungkasnya. [rmol]  

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: