logo
×

Selasa, 16 Agustus 2022

Kinerja Mentan SYL Dipuji Jokowi di Pidato Kenegaraan, Sampai Sebut Penghargaan Internasional

Kinerja Mentan SYL Dipuji Jokowi di Pidato Kenegaraan, Sampai Sebut Penghargaan Internasional

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ketahanan pangan Indonesia saat ini. Berkat kinerja Kementerian Pertanian bersama instansi lainnya, Indonesia sudah tidak impor beras dalam 3 tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi di dalam sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022, di Gedung DPR/MPR, Selasa (16/8/2022).

"Untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam 3 tahun terakhir. Pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional," kata Jokowi.

Bahkan Jokowi menyebut penghargaan terbaru yang didapatkan Indonesia dari International Rice Research Institute atas sistem ketahanan pangan.

"Alhamdulillah, kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Presiden Joko Widodo telah umumkan bahwa sudah tiga tahun Indonesia tidak melakukan impor beras.

mentan syl mengatakan, data terakhir yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa stok beras di Indonesia mencapai 10,2 juta ton.

Untuk itu, pemerintah Indonesia mendapatkan penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas swasembada beras.

Syahrul menambahkan pencapaian tersebut harus menjadi dorongan sinergitas agar bekerja lebih kuat ke depannya.(fajar)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: