logo
×

Rabu, 17 Agustus 2022

Meriah! Kirab Budaya 17 Agustus di Monas Digelar Usai 2 Tahun Vakum

Meriah! Kirab Budaya 17 Agustus di Monas Digelar Usai 2 Tahun Vakum

DEMOKRASI.CO.ID - Kirab budaya Bendera Pusaka dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus digelar meriah. Kemeriahan ini adalah yang pertama kali setelah terhenti akibat pandemi COVID-19.

Kirab budaya ini digelar dari Monas ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022) pagi.

Berdasarkan siaran langsung Sekretariat Presiden, kirab budaya ini adalah yang pertama digelar di depan masyarakat setelah dua tahun terhenti akibat pandemi virus Corona. Pertama diinisiasi sejak 2016, kirab budaya yang bisa dilihat banyak orang seperti ini sempat tidak digelar pada 2020 dan 2021.

Prosesi awal dilakukan di ruangan dalam cawan Monas, memuat penyerahan duplikat bendera negara Sang Merah Putih dan naskah teks proklamasi. Dua benda itu diserahkan oleh Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden kepada dua tim Purna Pasibraka Duta Pancasila, Kiara Maharani Putri dari SMAN 1 Garut dan Iren Odelia Astono dari SMA Santo Ignasius Singkawang.

Selanjutnya, mereka menaiki Kereta Kencana Ki Jaga Rasa, ditarik enam ekor kuda. Kereta Kencana diiringi oleh banyak orang menuju Istana Merdeka, seberang Monas.

Orang-orang yang mengiringi mengenakan pelbagai busana adat dari seluruh Indonesia. Pasukan drum band TNI, juga kepolisian, mengiringi dengan gagah. Masyarakat melihat dengan antusias.

Hadir pula dalam kirab budaya, perwakilan raja-raja Nusantara dari 34 provinsi seluruh Indonesia, dari Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Kutawaringin, Keraton Pontianak, Kesultanan Gowa, hingga Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pukul 09.00 WIB, iring-iringan kirab budaya sampai di Istana Merdeka, disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi).[detik] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: