logo
×

Selasa, 02 Agustus 2022

Pengamat: Calon Presiden 2024 Harus Memiliki Keberanian Seperti Firli Bahuri

Pengamat: Calon Presiden 2024 Harus Memiliki Keberanian Seperti Firli Bahuri

DEMOKRASI.CO.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri cocok dijadikan calon presiden di 2024 mendatang. Pasalnya, Firli memiliki kriteria calon pemimpin yang diharapkan oleh rakyat Indonesia, yakni mampu memberantas korupsi.

Direktur Eksekutif Media Survei Indonesia (Median), Rico Marbun menuturkan, calon presiden 2024 harus memiliki model kepemimpinan dan keberanian seperti Firli Bahuri.

"Ya jelas sangat perlu, harus punya keberanian. Bahkan pejabat aktif pun bila indikasi dan ada bukti, tidak segan disikat,” ucap Rico ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/8).

Menurutnya, sosok Firli Bahuri diperlukan di Indonesia, lantaran praktik korupsi di Indonesia menjamur dan susah untuk dihilangkan. Untuk itu, jika Firli menjadi calon presiden diharapkan mampu memberantas korupsi di Indonesia.

"Ini jelas perlu,” tutupnya.

Di era kepemimpinan Firli Bahuri, KPK mampu meningkatkan Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) 2022.

Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru mengungkap IPAK 2022 mencapai 3,93 atau naik 0,05 poin dibandingkan tahun 2021 dengan skor 3,88.

IPAK tersebut menggunakan skala indeks 0-5, di mana rentang indeks 0-1,25 sangat permisif dan skor di atas 3,76-5,00 adalah sangat antikorupsi. Maka, skor IPAK 2022 dikategorikan sangat antikorupsi. [rmol] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: