logo
×

Minggu, 08 Januari 2023

8 Parpol Kumpul Bahas Penolakan Sistem Proporsional Tertutup, Keroyok PDIP?

8 Parpol Kumpul Bahas Penolakan Sistem Proporsional Tertutup, Keroyok PDIP?

DEMOKRASI.CO.ID - Sejumlah pimpinan partai politik berkumpul di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Ada Ketum Parpol, Waketum parpol hingga para Ketua DPP Partai.

Pantauan kumparan, tampak hadir Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Juga ada Waketum NasDem Ahmad Ali, Sekjen Jhonny G Plate, Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Waketum PAN Viva Yoga, Waketum PPP Amir Uskara, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Waketum NasDem Ahmad Ali menyebut salah satu yang dibahas adalah soal polemik sistem Pemilu 2024.

“Salah satu yang ingin dibicarakan, satu soal masalahnya pernyataan ketua KPU tentang proporsional terbuka. Itu menjadi point yang akan kita diskusikan supaya ada pemahaman yang sama,” ujar Ali di Lokasi, Minggu (8/1)

Sebagai background, ada juga bendera Partai Gerindra. Artinya partai tersebut masuk ke kelompok yang menolak proporsional tertutup, meski elite mereka terpantau belum tampak. 

Total ada 8 yang ingin menyuarakan ini, meski hasil atau kesepakatan belum diumumkan.

Sistem proporsional tertutup salah satunya lantang disuarakan PDIP. Mereka ingin di Pemilu 2024 nanti, pemilih hanya memilih parpol tanpa harus mengetahui calegnya.

Dengan adanya pertemuan ini, 8 parpol seperti 'mengeroyok' PDIP. Lantas, apakah gugatan yang telah masuk ke MK terkait hal ini akan diterima atau sebaliknya?[kumparannews]


Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: