logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

Demo DPR, Ratusan Bus Perangkat Desa Parkir Sepanjang Semanggi-Gatsu

Demo DPR, Ratusan Bus Perangkat Desa Parkir Sepanjang Semanggi-Gatsu

DEMOKRASI.CO.ID - Ratusan bus massa Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) diparkir dan tampak mengular dari Simpang Susun Semanggi hingga ruas jalan Gatot Soebroto (Gatsu), Rabu (25/1) pagi.

Salah seorang petugas kepolisian di lokasi menambahkan sebagian bus akan diparkir di area Monas guna menghindari kemacetan. Massa PPDI juga terpantau berjalan bersama memadati area depan Kompleks DPR.

"Ada 500 bus ya, sisanya dibawa diparkir di Monas. Selain Gatsu, diparkir juga di Jalan Asia Afrika," kata petugas tersebut kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu sejumlah bus lainnya juga dikabarkan diparkir di dalam kawasan Gelora Bung Karno.

Ruas Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi juga ditutup. Berdasarkan unggahan di akun Instagram @tmcpoldametro, massa sudah memenuhi area depan Gedung DPR hingga ke ruas Jalan Gatot Subroto.

Akibatnya, kendaraan yang melintas dari arah Semanggi ke arah Slipi dialihkan atau dibelokkan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda.

Adapun usulan perpanjangan masa jabatan kepala desa muncul ketika demonstrasi digelar pada Selasa lalu (17/1). Kepala desa yang tergabung dalam Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ramai-ramai datang ke Jakarta untuk Berdemonstrasi di depan Gedung DPR RI, Jakarta.

Mereka menuntut perpanjangan masa jabatan kepala desa yang sebelumnya enam tahun menjadi sembilan tahun. Mereka meminta DPR merevisi masa jabatan yang diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Namun demikian, PPDI merupakan massa yang dinilai kontra terhadap wacana tersebut. PPDI masuk dalam tiga asosiasi pemerintah desa yang menilai wacana perpanjangan masa jabatankepala desa menjadi sembilan tahun jadi terlalu bernuansa politis.

Ketiga asosiasi itu masing-masing Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas), dan PPDI.[populis]


Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: