logo
×

Selasa, 31 Januari 2023

Demokrat-PKS Resmi Dukung Anies Baswedan, NasDem Masih Berambisi Tambah Kekuatan Koalisi: Golkar Jadi Target!

Demokrat-PKS Resmi Dukung Anies Baswedan, NasDem Masih Berambisi Tambah Kekuatan Koalisi: Golkar Jadi Target!

DEMOKRASI.CO.ID - Koalisi Perubahan semakin mantap mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024. Partai Demokrat dan PKS menyusul NasDem mendeklarasikan Anies.

PKS, Demokrat, dan NasDem mengumpulkan total 163 kursi DPR RI. Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi syarat presidential threshold 20 persen.

Meski sudah memenuhi syarat presidential threshold, Partai NasDem masih berambisi menambah kekuatan Koalisi Perubahan. NasDem ingin mengajak partai lain untuk bergabung mengusung Anies Baswedan.

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto blak-blakan menyebut, pihaknya akan bertemu Partai Golkar dalam waktu dekat. Ia mengatakan, NasDem ingin menjalin komunikasi dengan Golkar.

"Nanti akan ada kejutan. Saya buka saja, dua hari yang akan datang kita kebetulan secara sepakat akan ke Golkar," ucap Sugeng dikutip dari YouTube CNNIndonesia, Selasa (31/1/2023).

Selain Golkar, Sugeng menyebut partainya juga menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra dan PKB.

Bahkan, beberapa waktu lalu para petinggi NasDem menyambangi Sekretariat Bersama (Sekber) PKB-Gerindra di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut dia, komunikasi yang dilakukan NasDem ke berbagai partai merupakan sebuah usaha untuk menambah kekuatan Koalisi Perubahan.

"Kita akan terus komunikasi dengan siapa pun, karena kita ingin semua pihak bisa bersama kami untuk menyongsong 2024 yang akan datang dalam konteks presiden," ucap Sugeng.

PKS & Demokrat Dukung Anies

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan mendukung pencapresan Anies Baswedan.

Dia mengatakan, Koalisi Perubahan memiliki kesamaan figur Capres 2024 yang ada dalam diri Anies.

"Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan," ujar AHY dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun mengajak NasDem dan PKS untuk membentuk Sekber.

Menurutnya, Sekber tersebut untuk memperlihatkan keseriusan dan komitmen demi mewujudkan Koalisi Perubahan.

"Untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata AHY.

Menyusul Partai Demokrat, PKS juga menyatakan akan mendukung pencapresan Anies Baswedan.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1) malam.

Sohibul menyatakan dukungan itu usai dirinya berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syura Habib Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang sedang berada di Istanbul, Turki.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” kata Sohibul.

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen," tambahnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: