logo
×

Sabtu, 14 Januari 2023

Geger! Anak Ferdy Sambo Serahkan Duit Ratusan Triliun Hasil Pencucian Uang yang Disembunyikan Putri Candrawathi

Geger! Anak Ferdy Sambo Serahkan Duit Ratusan Triliun Hasil Pencucian Uang yang Disembunyikan Putri Candrawathi

DEMOKRASI.CO.ID - Publik jagat maya digegerkan dengan kabar anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica menyerahkan barang bukti hasil kejahatan orang tuanya kepada pihak berwajib.

Kabar tersebut beredar luas di facebook setelah salah satu akun dengan nama @anak bangsa menyebarluaskan informasi tersebut.  

Klaim dari netizen itu dilengkapi dengan sebuah video berdurasi 15 menit 29 detik. Video itu mendapat tayangan sebanyak 950 ribu views, 7300 likes, dan 539 komentar.

“Trisha Eungelica bak keceplosan ketika berbicara dengan temannya bahwa ia memiliki uang sebanyak 100 triliun dan diduga berasal dari usaha klub malam dan pencucian uang oleh Ferdy Sambo," demikian bunyi keterangan dalam dalam unggahan tersebut dilansir Populis.id Jumat (13/1/2023).

Sementara itu, pada thumbnail juga terdapat narasi dibuat dengan narasi bombastis. Dalam thumbnail itu terlihat foto Ferdy Sambo sedang didampingi kuasa hukumnya Arman Hanis dalam ruang sidang. 

"Mengejutkan! Trisha Eungelica Anak Ferdy Sambo Serahkan Barbuk yang selama ini disembunyikan PC (Putri Candrawathi)" demikian bunyi narasi pada thumbnail video 

Kendati unggahan itu bikin geger dengan narasi bombastis, namun terdapat ketidaksesuaian antara keterangan unggahan, thumbnail dan isi video

Setelah ditelusuri, di dalam video yang berdurasi 15 menit tersebut sebenarnya hanya berisi potongan video berdurasi 2 menit yang kemudian diulang-ulang sepanjang 15 menit.

Adapun video itu bersumber dari akun tiktok milik Trisha  @troasang yang diunggah beberapa waktu lalu. Di mana dalam video itu, Trisha memang sempat bercanda dengan seorang sahabatnya mengenai tabungan Rp100 triliun

“Kalau punya uang 100 triliun dibagi-bagi dong”, ujar teman Trisha. 

Trisha pun membalas temannya dengan nada bercanda 

“Gua cut apa gak nih videonya”.

Berikutnya, narasi dalam video tersebut hanya memberikan asumsi-asumsi tanpa bukti bahwa uang tersebut merupakan hasil dari usaha bisnis klub malam Ferdy Sambo yang masih dalam penyelidikan. Uang 100 triliun itu dinarasikan merupakan hasil dari pencucian uang yang dilakukan Ferdy Sambo.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa video yang diunggah pemilik akun Anak Bangsa ini adalah informasi sesat alias hoaks.  

Tidak ditemukan pemberitaan yang membuktikan bahwa Trisha Eungelica menyerahkan barang bukti yang selama ini disembunyikan PC ke pengadilan seperti yang ada di video klaim.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: