logo
×

Minggu, 22 Januari 2023

Mau Dikatain Goblok Atau Firaun, Jokowi Mah Diam Aja! 'Mereka Merasa Dirinya Macan, Jokowi Lihatnya Kucing'

Mau Dikatain Goblok Atau Firaun, Jokowi Mah Diam Aja! 'Mereka Merasa Dirinya Macan, Jokowi Lihatnya Kucing'

DEMOKRASI.CO.ID - Budayawan Mohamad Sobary menilai para pengkritik atau pihak yang suka merendahkan, mencaci maki Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merasa dirinya hebat dan hanya ingin mendapat perhatian.

Namun, ia menilai apa yang diinginkan oleh para pembenci itu dianggap angin lalu saja sama Jokowi. Sobary menilai Jokowi tak ingin menciptakan seorang pahlawan dengan memenjarakan para pengkritik.

Sebab, Jokowi sudah pernah berujar bahwa ia sudah di level serendah-rendahnya, jadi tak perlu berupaya merendahkannya lagi.

"Pak Jokowi tidak mau mencetak pahlawan, soalnya begitu dilaporin mereka jadi pahlawan. Pak Jokowi diamkan saja. Jokowi pernah bilang "aku mau dijatuhkan, aku sudah tidak punya tempat untuk jatuh karena sudah di tempat yang paling bawah,"  kata Sobary dalam wawancaranya dengan Eko Kuntadhi.

"Dan Jokowi juga tidak marah itu artinya tidak mau membuat pahlawan. Lebih khawatir nanti kalau orang yang enggak penting tiba-tiba malah jadi pahlawan," sambungnya.

Cara diam Jokowi bagi Sobary efektif karena bisa meredam pihak yang berseberangan dengan sangat efektif.

"Misalkan ada maha guru, dosen bilang Jokowi itu goblok. Kalau kita ngejek orang dan kita ditanggapi berarti kalau dalam teori komunikasi tradisional Jawa itu artinya ada orang yang diluhurkan ada orang disepadankan. Tetapi kalau orang itu tidak pernah digubris sama sekali, dia yang sakit," tegasnya.

"Karena Pak Jokowi itu ngertinya kucing, kucing kurus lagi, tapi dia merasanya macan," jelasnya.

Sebelumnya, materi ceramah Cak Nun yang menyebut Jokowi Firaun membuat para pihak pendukung Jokowi panas. Alhasil, Cak Nun menjadi topik pembicaraan paling populer di Twitter dalam tiga hari terakhir.

Adapun dalam ceramahnya, Cak Nun menyebut Indonesia telah dikuasai sebuah sistem kekuasaan yang kuat. Di mana Jokowi diibaratkan sebagai Firaun hingga pengusaha Anthony Salim sebagai perlambangan Qorun.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga terus Haman yang namanya Luhut," kata Cak Nun.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: