logo
×

Selasa, 31 Januari 2023

Pemerintah Gunakan Dana Haji untuk Bayar Utang ke China, Apa Benar?

Pemerintah Gunakan Dana Haji untuk Bayar Utang ke China, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video terkait dana haji beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 26 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, pemerintah menggunakan dana haji untuk membayar utang ke China. 

"R3z1m B14d4b!!!... DANA HAJI JADI BANCAKAN BAYAR HUTANG KE CHINA RAKYAT JADI KORBAN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"DANA HAJI AMBLAS !! TERNYATA INI BIANG KEROKNYA || BERITA TERBARU," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait pemerintah menggunakan dana haji untuk membayar utang ke China. 

Video membahas tanggapan pengamat politik Rocky Gerung terhadap wacana naiknya dana haji 2023. Ia menilai bila suatu hari terjadi krisis ekonomi dan Indonesia dipaksa untuk membayar utang, maka uang dari dana haji tersbeut akan dipakai. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Populis.id berjudul "Dikuak Terang Benderang, Menag Yaqut Ngotot Naikkan Ongkos Haji Karena Duit Jemaah Ternyata Dipakai Buat Urusan Ini, Astaga!" tayang pada 24 Januari 2023. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi pemerintah menggunakan dana haji untuk membayar utang ke China adalah tidak benar. Faktanya, narasi terkait hanya penilaian Rocky Gerung. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: