logo
×

Jumat, 27 Januari 2023

Petinggi Nasdem Kunjungi Sekber Gerindra-PKB, Gimana Nasib Koalisi Perubahan?

Petinggi Nasdem Kunjungi Sekber Gerindra-PKB, Gimana Nasib Koalisi Perubahan?

DEMOKRASI.CO.ID - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, menilai kunjungan sejumlah pengurus DPP Partai Nasdem ke Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah bentuk silaturahmi. Oleh karena itu, menurut Mardani pertemuan tersebut perlu diapresiasi.

"Dan kita juga terus mematangkan Koalisi Perubahan bareng Demokrat dan Nasdem. Moga dalam waktu dekat bisa segera diumumkan bersama," ujar Mardani lewat pesan singkat, Jumat (27/1/2023).

"Kita terus mematangkan (rencana Koalisi Perubahan)," sambungnya.

Sementara itu, Deputi Analisa Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution menyebut bahwa pimpinan ketiga partai politik akan bertemu. Ungkapnya, mereka akan segera memfinalkan terbentuknya Koalisi Perubahan.

Partai Demokrat meyakini, PKS dan Partai Nasdem sudah satu frekuensi untuk segera mungkin mendorong terbentuknya koalisi. Hal ini guna memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen, untuk mengusung Anies Baswedan.

"Penandatanganan kesepakatan koalisi yang dilakukan para Ketum partai, jadi tahapan penting menuju deklarasi penetapan paket capres dan cawapres, dan dibentuknya Sekretariat Perubahan. Saat ini, baru Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden," ujar Syahrial.

Sedangkan terkait calon wakil presiden (cawapres), Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Anies. Tujuannya untuk menghadirkan dwitunggal yang harmonis, mampu menjaga keseimbangan koalisi, dan berkontribusi memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saat ini, tim kecil Demokrat, PKS, dan Nasdem makin intensif melakukan komunikasi. Menyiapkan momentum dalam waktu tidak terlalu lama agar Koalisi Perubahan bisa terwujud dan ditandatangani masing-masing Ketum mitra koalisi," ujar Syahrial.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali berharap pihaknya juga dapat membentuk sekber seperti Partai Gerindra dan PKB. Harapan tersebut disampaikannya, karena komunikasi dengan Partai Demokrat dan PKS disebutnya hampir rampung.

"Pembicaraan kami dengan PKS dan Demokrat juga sangat serius dan juhg hampir rampung, tetapi sekali lagi bahwa politik itu sangat dinamis," ujar Ali di Sekber Partai Gerindra-PKB, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Ali beberapa hari lalu menyebut, Partai Nasdem tengah mencari alternatif koalisi untuk mengusung Anies sebagai capres. Namun usai pertemuan tersebut, ia mengeklaim bahwa alternatif tersebut belum dipikirkan pihaknya.

"Tentunya menjadi hal yang wajar kalau kemudian hari ini kita berkunjung. Hari ini kami belum berpikir untuk mencari alternatif, karena pembicara kamu dengan PKS dan Demokrat juga sangat serius dan juga hampir rampung," ujar Ali.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: