logo
×

Rabu, 11 Januari 2023

Presiden Jokowi Minta Pengganti Dirinya Bisa Berdikari Seperti Soekarno

Presiden Jokowi Minta Pengganti Dirinya Bisa Berdikari Seperti Soekarno

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap presiden selanjutnya yang menggantikan dirinya di tahun 2024 mendatang bisa menerapkan nilai-nilai Soekarno seperti berdikari alias berdiri di atas kaki sendiri. 

"Tidak gampang ciut nyali, tidak gentar demi kepentingan bangsa, demi kepentingan negara," tegas Jokowi saat memberi sambutan dalam HUT PDIP ke-50, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).  

Presiden Indonesia pertama Indonesia, Soekarno kata Jokowi pada tahun 1965 yang menolak ketergantungan pada imperialisme, memperluas kerja sama yang sederajat.

"Dan saling menguntungkan bung karno tahun 65 sudah menyampaikan itu supaya kita tidak didikte dan menggantungkan diri ke negara manapun. Inilah yang ingin kita lakukan, berdikari, berdikari, berdikari," singgungnya.

Selain itu, Jokowi juga menekankan agar PDIP tidak boleh mundur, takut karena kekayaan alam yang ingin dinikmati oleh masyarakat.

"Oleh sebab itu walaupun kita ditakut-takuti soal Freeport tetap kita terus walau kita ditakut-takuti soal nikel kalah justru kita setop bauksit, pertengahan tahun mungkin tambah lagi setop tembaga," jelasnya.

Bagi Jokowi tidak boleh ada pemaksaan terhadap negara mendikte dan tidak boleh negara-negara maju merasa standar mereka lebih bagus dari Indonesia.

"Sehingga waktu KTT Asean-Uni Eropa saya menyampaikan dalam forum itu karena yang menggugat uni eropa pas kita ada KTT ini kesempatan saya menyampaikan kemitraan itu harus setara," pungkasnya.[wartaekonomi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: