logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

Proyek Sodetan Gak Tersentuh Anies Sampai Disindir Jokowi, Ferdinand: Andai Saja Anies Tidak Bodoh-bodoh Banget...

Proyek Sodetan Gak Tersentuh Anies Sampai Disindir Jokowi, Ferdinand: Andai Saja Anies Tidak Bodoh-bodoh Banget...

DEMOKRASI.CO.ID - Mantan Politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menuding eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak punya pemahaman yang cukup sehingga ketika menjabat tidak mampu menjalankan proyek sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur.

Ferdinand mengatakan, proyek itu tak sempat tersentuh karena Anies punya pemahaman yang berbeda dengan para ahli. Dimana Anies berpandangan bahwa air semestinya dialirkan atau diserap ke dalam bumi, bukan dialirkan ke laut.

"Andai saja Anies Baswedan tidak bodoh-bodoh banget selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan mengetahui bahwa memang semua kota di dunia ini air kotanya pasti dialirkan ke laut supaya tidak banjir, maka sodetan Ciliwung ini pasti sudah dikerjakan," kata Ferdinand kepada Populis.id, Rabu (25/1/2023).

Ferdinand menilai, Anies memang tidak mengerti apa yang ingin ia kerjakan selama menjabat di Jakarta. Sehingga wajar apabila Presiden Joko Widodo memberi sindiran terkait proyek sodetan yang mangkrak untuk membongkar kinerja Anies.

"Kalau Jokowi kemarin menyindir sudah mangkrak 6 tahun ya wajar lah, itu bagi saya bukan sekedar menyindir lagi tetapi bahwa Jokowi ingin menyampaikan ke publik bahwa inilah rekam jejak Anies Baswedan dalam hal kinerja," kata dia.

Menurutnya, bakal calon presiden dari Partai NasDem itu memang tidak punya keahlian dalam bekerja. Selama menjadi Gubernur, Anies dicap tidak mampu menyelesaikan satu masalah apapun yang ada di Jakarta.

"Anies Baswedan tidak bisa bekerja, dia menjabat Gubernur 5 tahun saja tidak bisa menyelesaikan masalah Jakarta satu apapun," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memuji habis kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru disebut punya kemampuan untuk melanjutkan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), di Jakarta Timur.

Jokowi mengatakan, proyek tersebut diprediksi akan rampung pada bulan April tahun ini. Padahal proyek tersebut tak sempat tersentuh saat DKI Jakarta dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Sebentar lagi akan selesai mungkin April insyaallah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," kata Jokowi saat meninjau proyek tersebut, Selasa (24/1/2023).

Jokowi mengatakan bahwa proyek sodetan Ciliwung era Anies sempat terkendala karena ada masalah pembebasan lahan. Namun, ia tidak menyangka karena persoalan tersebut bisa diatasi dengan mudah oleh Heru Budi.

"Pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. makanya saya ke sini tadi karena udah selesai," ujarnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: