logo
×

Senin, 30 Januari 2023

Teriak-teriak, Omongan Ngabalin Menggelegar: Wali Songo yang Dipuja-puja Orang Islam Itu Bangsa China!

Teriak-teriak, Omongan Ngabalin Menggelegar: Wali Songo yang Dipuja-puja Orang Islam Itu Bangsa China!

DEMOKRASI.CO.ID - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, tengah menjadi perbincangan hangat netizen baru-baru ini akibat pernyataannya yang menyebut bahwa Wali Songo merupakan bangsa China.

Ngabalin menyampaikan hal itu dalam sebuah acara yang videonya kemudian beredar di media sosial. Salah satunya diunggah oleh pengguna akun Twitter @ArieMutyara pada Minggu (29/1/2023).

Dalam video berdurasi 49 detik tersebut, Ngabalin tampak tengah berbicara di depan umum sambil memegang mic dengan mengenakan kemeja putih dengan sorban di kepalanya yang khas.

Ia kemudian mengatakan kalau Wali Songo yang dipuja-puja oleh orang Islam merupakan bangsa China.

Ia mengatakan, “Baca itu sejarah Wali Songo yang dipuja-puja oleh orang Islam. Itu bangsa apa? Bangsa China! Main-main.”

“Coba lihat itu, Sunan siapa, Sunan Ampel, Sunan Bonang. Lihat itu Admiral Cheng Ho, siapa itu?” tanyanya kepada para hadirin.

Para hadirin kemudian tampak malu-malu untuk memberikan jawabannya. Ngabalin pun menegaskan untuk tidak ragu karena itu bukan sebuah penghinaan. Ia juga meminta mereka untuk menyatakan diri sebagai orang China dengan bangga.

Ngabalin menyampaikan, “Kenapa ragu? Tidak usah ragu. Itu bukan sebuah sebutan penghinaan.”

“Bangga sebut ‘I’m the people the Republik of China’. I’m China, my father is China, my mather is China, the people of China but I’m Indonesian, citizen Indonesian, kau mau apa sama saya?” ujarnya menandaskan.

“Wali Songo itu bangsa China, kata Ngabalin,” tulis pengguna akun @ArieMutyara saat mengunggah video Ngabalin tersebut, dikutip Populis.id pada Senin (30/1/2023).

Cuitan itu sontak menimbulkan berbagai macam reaksi dari netizen yang saling mengkritik Ngabalin akibat pernyataannya itu.

“Hahahha,, Mungkin maksud dia wali murid kali ,entah buku apa yg di baca, apa terlalu pinter?” tanya @H9****.

“Kata kompeni juga gitu kala itu,” imbuh @Tan_M****.

“Dia sengaja memang melempar isu itu supaya rame.. supaya bisa menutupi isu2 besar kegagalan pemerintah (lagi)..apapun itu, jadi kalo anjing2 pemerintahan seperti dia ini lagi meng-gong-gong minta perhatian..diemin aja,” jelas @riokina****.

“Lah nama nama wali sogo aja dia gak paham kok bisa bisanya bilang kalau wali songo dari cina. Kan ogeb,” tegas @anto_****.

Selain itu, masih banyak komentar yang dilayangkan netizen kepada Ngabalin dalam cuitan @ArieMutyara yang sudah dilihat lebih dari 24.000 kali tersebut.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: