logo
×

Selasa, 31 Januari 2023

Ulama NU Jawa Timur Deklarasi Anies Capres, Benarkah Atas Perintah Gubernur Khofifah?

Ulama NU Jawa Timur Deklarasi Anies Capres, Benarkah Atas Perintah Gubernur Khofifah?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 29 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur serentak mendeklarasikan bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan atas perintah Khofifah. 

"ATAS PERINTAH KHOFIFAH ULAMA NU JAWA TIMUR SERENTAK DUKUNG ANIES," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"BREAKING NEWS ~ EFEK KHOFIFAH!! ULAMA NU JAWA TIMUR SERENTAK DEKLARASI ANIES!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait ulama NU Jawa Timur mendeklarasikan Anies capres atas perintah Khofifah. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Jakartanews.id berjudul "Agamis, Inilah Salah Satu Alasan Ulama dan Tokoh Madura Dukung Anies Baswedan di Pemilu 2024", tayang pada 4 November 2022. 

Artikel itu membahas pernyataan politisi NasDem Madura Mohammad Nasih Aschal soal alasan tokoh dan ulama Madura mendukung Anies. Mantan Gubernur DKI itu dikenal sebagai sosok yang cerdas dan agamis. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi ulama NU Jawa Timur mendeklarasikan Anies capres atas perintah Khofifah adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: