logo
×

Selasa, 07 Februari 2023

Ada Jokowi di Deklarasi Presiden 3 Periode, Kelihatannya Beliau Senang Sekali!

Ada Jokowi di Deklarasi Presiden 3 Periode, Kelihatannya Beliau Senang Sekali!

DEMOKRASI.CO.ID - Sebuah video yang mengklaim Presiden Joko Widodo menghadiri deklarasi presiden tiga periode bikin geger jagat maya. pasalnya wacana perpanjangan masa jabatan presiden lewat mekanisme penundaan pemilu itu ditolak dan dikecam keras sejumlah pihak sejak wacana tiga periode itu mencuat beberapa waktu lalu. 

Adapun video yang mengklaim Jokowi menghadiri deklarasi presiden tiga periode ini pertama kali diunggah seorang netizen pengguna  twitter bernama Andi Sinulingga. Dia mengklaim Jokowi tampak bahagia menghadiri acara tersebut.

“Deklarasi tambah 1 Periode lagi ini di Hadiri Langsung Oleh Presiden RI Joko Widodo, dan kelihatannya beliau senang sekali," kata netizen tersebut dalam keterangan video yang diunggah diarsir Populis.id Selasa (7/2/2023). 

Setelah ditelusuri, klaim Jokowi menghadiri acara deklarasi presiden tiga periode itu adalah berita bohong alias hoaks yang sengaja disebar luaskan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Video tersebut sebenarnya adalah rekaman lawas yang diambil pada PIlpres 2019 lalu. 

Video itu adalah deklarasi sejumlah alumni SMA Pangudi Luhur Jakarta yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi pada Pilpres saat itu. Adapun foto yang dipakai dalam video tersebut diketahui diambil dari foto milik tempo.co yang dipakai pada sebuah artikel berjudul “Jokowi ke Alumni Pangudi Luhur: Kok Dukung Saya?” artikel ini tayang pada Kamis, 7 Februari 2019.

“Calon presiden Joko Widodo menerima cinderamata berupa sapu lidi dari perwakilan Alumni Pangudi Luhur BerSATU di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta, Rabu malam, 6 Februari 2019,” begitu keterangan fotonya.

Adapun persamaan antara video dan foto tersebut yakni peserta yang memakai kaus hitam dengan tulisan “Berbeda tapi BerSATU”.

Persamaan lainnya yakni munculnya Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf saat itu, Erick Thohir.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: