logo
×

Selasa, 14 Februari 2023

Anies Baswedan Minder Ketika Ditanya Soal Cawapres: PT 20 Persen Dulu Penuhi, Tanpa Itu Siapapun Berpikir Ulang...

Anies Baswedan Minder Ketika Ditanya Soal Cawapres: PT 20 Persen Dulu Penuhi, Tanpa Itu Siapapun Berpikir Ulang...

DEMOKRASI.CO.ID - Bakal calon presiden Anies Baswedan merendah diri ketika ditanya soal kriteria bakal calon wakil presiden yang diinginkannya. Anies tak langsung menyebutkan karena sadar bahwa belum ada deklarasi secara resmi dari Koalisi Perubahan untuk mengusungnya.

Sebelum menjawab itu, Anies menegaskan bahwa hal yang paling utama adalah pemenuhan syarat Presidential Threshold sebesar 20 persen. Tanpa itu, siapapun yang dilamar untuk menjadi cawapres pasti menolak karena tidak ada tiket yang jelas.

"Sebenarnya kami dalam fase memastikan bahwa persyaratan 20 persen terpenuhi. Tanpa itu, saya rasa siapapun juga akan berpikir dua, tiga kali untuk ikut dalam massa kami, kenapa? Karena belum ada," kata Anies di acara Rakernas Partai Ummat, Selasa (14/2/2023).

Kendati begitu, Anies berharap Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mendeklarasikan dirinya dalam waktu dekat.

"InsyaAllah mudah-mudahan tidak lama lagi tuntas," ujarnya.

Sementara untuk kriteria cawapres, eks Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai lima kriteria yang mesti dipenuhi. Pertama punya peran terhadap kemenangan, kedua bisa memperkuat barisan koalisi perubahan, dan ketiga bisa membantu menjalankan pemerintahan yang efektif.

"Keempat, memiliki garis perubahan yang sama bahwa ini adalah pasangan yang menawarkan perubahan. Yang kelima, chemistry kerja sama yang solid," pungkasnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: