logo
×

Rabu, 01 Februari 2023

Dipersilakan Jalan dengan Adat yang Sopan, Eh Anies Malah 'Tepis' Tangan Warga: Awas Tangan Lu, Lagi Syuting Nih!

Dipersilakan Jalan dengan Adat yang Sopan, Eh Anies Malah 'Tepis' Tangan Warga: Awas Tangan Lu, Lagi Syuting Nih!

DEMOKRASI.CO.ID - Sebuah video beredar di media sosial kembali menyeret nama bakal calon presiden (bacapres) usungan Partai NasDem, Anies Baswedan. Salah satu orang yang mengunggahnya adalah pegiat media sosial, Jhon Sitorus.

Dalam salah satu cuitannya Jhon mengunggah video berdurasi 25 detik yang memperlihatkan momen saat Anies disambut oleh sejumlah simpatisan saat ia sedang melanjutkan safari politiknya ke Lombok.

Sebagai informasi, setibanya Anies di Bandara Internasional Lombok di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Senin (30/1/2023), ia disambut dengan kesenian tradisional khas suku Sasak Lombok, Gendang Belek.

Pada salah satu momen kedatangannya di Lombok, Anies terlihat tengah berjalan, di samping kirinya kemudian terdapat seorang pria yang mempersilakannya untuk berjalan dengan menggunakan gestur menjulurkan tangan sambil menunduk.

Akan tetapi, Anies langsung memegang tangannya dan menghalau pria yang mempersilakannya untuk berjalan itu. Hal tersebut pun dinilai sebagai tindakan yang tidak sopan.

Dalam video Anies itu sendiri terdapat narasi yang tertulis, “Sekedar ingin mempersilahkan dengan adat dan kesopanan namun tak di hargai.”

Melihat cuitan tersebut, Jhon kemudian membuat sebuah percakapan seolah dilakoni oleh Anies dan pria yang mempersilakannya itu.

“’Silahkan tuan’. ‘Awas tangan lu...lagi syuting ni ada kamera’,” tulisnya disertai dengan emotikon tertawa, dikutip Populis.id dari cuitan akun @Miduk17 yang diunggah pada Selasa (31/1/2023).

Cuitan itu pun menimbulkan berbagai macam reaksi dari netizen, banyak dari mereka yang ikut mengkritik tindakan Anies karena dianggap tidak sopan.

“Emang asli @aniesbaswedan Gak punya adat / gak ngerti adat ,, sy asli pribumi Sasak org Lombok,, jika org menjulurkan tangannya seperti itu , tandanya di persilahkan / arti kesedrhanaan hati kita sm org , bahas kami | PESILAK |,” kata @_mas****.

“Songong. Amat pak,” tutur @sugianto****.

“Muka si Johanes sinis menepis tangan seorang penari yg menyambutnya secara adat ....dasar siyohanes tdk menghargai adat ....bagaimana kalau jadi Presiden ...di usirnya yg mendekat,” imbuh @alfa****.

“Orang mempersilakan malah tangannya di tampik.. Emang bener orang ga punya etika dan kesopanan,” tutur @WayanAri****.

Selain itu, masih ada banyak komentar netizen lainnya yang dilontarkan untuk Anies dalam cuitan Jhon tersebut.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: