logo
×

Jumat, 03 Februari 2023

Ingin Batalkan Pencapresan Anies, Benarkah Jokowi Gagal Suap Surya Paloh?

Ingin Batalkan Pencapresan Anies, Benarkah Jokowi Gagal Suap Surya Paloh?

DEMOKRASI.CO.ID -Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 2 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Jokowi gagal suap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk membatalkan pengusungan bakal capres Anies Baswedan. 

"JOKOWI GAGAL SOGOK SURYA PALOH DI IMINGI MILIARAN UNTUK BATALKAN PENGUSUNGAN ANIES SP JAWAB BEGINI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Niat Sogok Surya Paloh Untuk Batalkan Pengusungan Anies Di Tolak Mentah2 ! Jokowi Malah Kenak Skakmat !" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Jokowi gagal suap Surya Paloh untuk membatalkan pengusungan Anies Baswedan. 

Video menarasikan sejumlah artikel dari berbagai media. Diantaranya artikel dari CNN Indonesia berjudul "Jokowi Buka Suara Usai Disebut Komplain ke Paloh Soal Deklarasi Anies", tayang pada 31 Januari 2023. 

Serta artikel dari Wahananews.id dengan judul "Jokowi Komplain Kepada Surya Paloh Gegara Deklarasi Anies Sebagai Capres Tanpa Komunikasi", tayang pada 31 Januari 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi gagal suap Surya Paloh untuk membatalkan pengusungan Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi resmi yang mendasari klaim tersebut.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: