logo
×

Kamis, 16 Februari 2023

Masalah Utang-piutang Anies Baswedan ke Sandiaga Semakin Jadi Sorotan, Pengamat: Anies Akan Semakin Dikenal Orang

Masalah Utang-piutang Anies Baswedan ke Sandiaga Semakin Jadi Sorotan, Pengamat: Anies Akan Semakin Dikenal Orang

DEMOKRASI.CO.ID - Terkait utang-piutang Anies Baswedan ke Sandiaga Uno ketika Pilkada 2017 lalu masih terus berlanjut. Namun, persoalan tersebut tidak serta merta menggerus popularitas Anies sebagai kandidat capres 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio menilai justru karena isu piutan ini, Anies akan makin dikenal oleh masyarakat.

"Popularitas pasti berpengaruh, dengan dibicarakan pastinya Anies akan semakin dikenal orang," ujar Hendri melalui pesan singkatnya, Selasa (14/2).

Hendri melanjutkan, apalagi dengan pernyataan Anies yang menjelaskan duduk perkara akan membuat publik mengetahui sosok Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina ini menilai, Anies juga mengenalkan budaya baru soal pendanaan kampanye.

"Anies mengeluarkan budaya baru, apa itu? biasanya kalau kalah rugi bareng-bareng, kalau menang dicari. Nah ini nggak, kalau menang justru selesai bahwasanya kalau kalah dikembalikan," katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan buka suara soal utang Rp 50 miliar dengan Sandiaga Uno untuk Pilgub DKI 2017. Anies mengatakan, saat masa kampanye memang banyak yang memberi sumbangan. Ada yang mereka tahu, ada yang mereka tidak tahu dan ada pula yang memberikan dukungan secara langsung.

Soal Rp 50 miliar, ia menuturkan, bukan pinjaman tapi dukungan untuk kampanye, untuk perubahan dan untuk kebaikan yang pemberinya meminta dicatat sebagai utang. Bila Anies-Sandi berhasil, maka dukungan itu dicatat sebagai dukungan.

"Bila kita tidak berhasil dalam pilkada, maka itu menjadi utang yang harus dikembalikan. Siapa penjamin, yang menjamin Pak Sandi, jadi uangnya bukan dari Pak Sandi, itu ada pihak ketiga yang mendukung," kata Anies, Jumat (11/2/2023).

Tapi, bila pilkada kalah, Anies dan Sandi berjanji mengembalikan dan Anies jadi orang yang menandatangani surat pernyataan utang. Bila menang pilkada, maka ini dinyatakan sebagai bukan utang dan tidak perlu dikembalikan karena selesai. "Jadi, itulah yang terjadi. Makanya, begitu pilkada selesai, menang, selesai," ujar Anies.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: