logo
×

Rabu, 15 Februari 2023

Mayoritas Kader Partai Ummat Ingin Anies Jadi Presiden, Sosok Amien Rais Diprediksi Bakal Borong Suara Muhammadiyah

Mayoritas Kader Partai Ummat Ingin Anies Jadi Presiden, Sosok Amien Rais Diprediksi Bakal Borong Suara Muhammadiyah

DEMOKRASI.CO.ID - Pengamat komunikasi politik, Jamiluddin Ritonga menilai bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan akan meraih keuntungan besar jika didukung oleh Partai Ummat besutan Amien Rais.

Jamiluddin menilai Amien Rais punya pengaruh kuat bagi warga Muhammadiyah. Sehingga dukungannya dinilai berpotensi mendatangkan banyak suara mengingat Muhammadiyah merupakan ormas dengan basis massa terbesar kedua di Indonesia.

"Kalau hal itu terjadi, tentu sumbangan suara akan signifikan kepada Anies. Sebab, sebagian saja warga Muhammadiyah memberi suara ke Anies sudah sangat berarti untuk mengantarkan Anies menjadi RI 1," kata Jamiluddin dalam keterangannya, Rabu (15/2/2023).

Kendati begitu, Jamiluddin menyadari bahwa secara kepartaian, Partai Ummat belum bisa berkontribusi banyak terhadap pencapresan Anies di Pilpres. Selain karena partai baru, kekuatan dan daya saing Partai Ummat belum terlihat di masyarakat.

"Partai Ummat mungkin tidak berkontribusi besar dalam menyumbangkan suara untuk memenangkan Anies pada Pilpres 2024. Hanya saja, pengaruh Amien Rais kepada Warga Muhammadiyah masih besar," ujarnya.

Hanya saja, ketokohan Amien Rais menjadi faktor utama mengapa dukungan Partai Ummat menjadi penting. Sebab, dukungan Amien Rais ini pasti akan sejalan dengan dukungan dari Partai Ummat.

"Kalau Amien Rais mendukung Anies, ada peluang akan diikuti sebagian warga Muhamadiyah. Dari sinilah peluang pundi-pundi suara untuk memenangkan Anies," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais menegaskan bahwa partainya tidak ingin salah dalam memilih bakal calon presiden yang akan didukung di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Amien mengatakan, bahwa pihaknya akan menguji sejumlah nama yang kini kerap muncul dalam pembahasan seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Gatot Nurmantyo. Pengujian itu dilakukan karena Partai Ummat dinilai tidak ingin memilih sosok yang menyesatkan.

"Kita ingin presiden yang ada isinya, yang tidak ingin menyesatkan rakyat, nanti kita uji, apakah itu Anies, apakah Gatot, apakah Prabowo dan lain-lain," kata Amien Rais di acara Rakernas Partai Ummat di Jakarta Timur, Senin (13/2/2023).

Amien menyadari, bahwa sejauh ini Anies menjadi sosok yang paling banyak digadang-gadang oleh kader Partai Ummat. Anies pun sempat menghadiri acara Rakernas di hari kedua.

"Walaupun sebagian besar nampaknya mau ke Anies tapi kita gak bisa ngasih simpul gitu saja, karena dari beberapa daerah wilayah sudah mengatakan datangkan Pak Gatot, datangkan Pak Prabowo," ujarnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: