logo
×

Kamis, 09 Februari 2023

Pinjaman Rp 50M Mustahil Diikhlaskan, Anies-Sandi Dicurigai Punya Kesepakatan Bayar Utang Dengan Cara...

Pinjaman Rp 50M Mustahil Diikhlaskan, Anies-Sandi Dicurigai Punya Kesepakatan Bayar Utang Dengan Cara...

DEMOKRASI.CO.ID - Ketua Forum Warga Kota (Fakta) Jakarta, Azas Tigor Nainggolan menyimpan pertanyaan besar dibalik persoalan utang piutang antara eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Anies disebut-sebut punya utang sebesar Rp50 miliar kepada Sandiaga saat akan melaju di Pilkada DKI pada 2017 silam. Azas Tigor merasa heran, karena tidak mengerti apa tujuan Anies meminjam uang tersebut.

"Hutang sebesar itu, oleh Anies dipergunakan untuk apa dalam pilkada Jakarta? Bagaimana pula Anies Baswedan membayar hutangnya yang Rp 50 miliar?" kata Azas Tigor dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Azas menduga, persoalan utang yang menyeret nama Anies itu benar adanya. Sebab, Sandiaga sama sekali tidak membantah saat ditanya hal tersebut. Bahkan, belakangan Sandiaga sudah mengikhlaskan dan mengaku tak ingin lagi membahas perihal tersebut.

Azas lebih mengherankan ketika ada tim dari Anies Baswedan yang menyebut bahwa utang Rp 50 miliar itu tertera dalam perjanjian dimana akan lunas apabila pasangan Anies-Sandi berhasil memenangkan Pilkada DKI 2017.

"Pertanyaannya lagi, kok bisa ya uang dari hutang yang sangat besar sebesar Rp50 miliar itu dengan mudahnya dianggap lunas setelah memenangkan pilkada? Lalu bagaimana Sandiaga Uno mendapatkan kembali nilai uang Rp50 Miliar yang digunakan oleh Anies dan dirinya dalam pilkada Jakarta 2017?," ujarnya.

Azas Tigor menduga, utang sebesar Rp 50 miliar itu tidak dianggap lunas begitu saja oleh Sandiaga. Azas mencurigai ada kesepakatan antara Anies dan Sandiaga untuk membayar utang tersebut dengan metode yang lain.

"Ada kesepakatan apa diantara mereka berdua, hingga hutang yang sangat besar itu dianggap lunas jika Anies dan Sandiaga memenangkan pilkada Jakarta 2017? Apa iya lunas begitu saja? Uang Rp 50 M loh? Sementara gaji gubernur dan wakil gubernur Jakarta berapa sih?" pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengaku tidak mau lagi membicarakan soal utang eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan walaupun angkanya cukup besar, yakni sebesar Rp 50 miliar.

"Setelah saya salat Istikharah, setelah saya menimbang, berkoordinasi dengan keluarga, saya tidak ingin melanjutkan pembicaraan ini (utang Anies)," kata Sandiaga di Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: