logo
×

Rabu, 08 Februari 2023

Terbukti Pendukung Bacapres Anies, Benarkah Kejagung Ambil Alih Fungsi KPK?

Terbukti Pendukung Bacapres Anies, Benarkah Kejagung Ambil Alih Fungsi KPK?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 7 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Kejaksaan Agung (Kejagung) mengambil alih fungsi KPK karena terbukti pendukung bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan. 

"TERBONGKAR...! KPK RELAWAN ANIES.?! KEJAGUNG AMBIL ALIH FUNGSI KPK," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Berita terkini - KEJAKSAAN AMBIL ALIH FUNGSI KPK, SETELAH TERBUKTI KPK PENDUKUNG ANIES," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Kejagung mengambil alih fungsi KPK karena terbukti pendukung Anies. 

Narator dalam video membacakan narasi sesuai dengan artikel Tempo.co berjudul "Bambang Widjojanto Ungkap Percakapan dengan Eks Direktur Penuntutan KPK", tayang pada 5 Februari 2023. 

Artikel membahas dugaan Bambang Widjojanto soal mundurnya Direktur Penuntutan KPK Fitroh Rohcahyanto berkaitan dengan adanya intervensi pimpinan KPK dalam kasus dugaan korupsi Formula E. 

Sementara KPK membantah Fitroh kembali ke Kejagung karena kasus Formula E. Melansir Kompas.com, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, Fitroh kembali ke Kejagung karena masa penugasannya di KPK telah selesai. 

Dengan demikian, video dengan narasi Kejagung mengambil alih fungsi KPK karena terbukti pendukung Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: