logo

21/09/19

Partai Komunis China Undang Megawati ke Pertemuan Parpol se-Asia

Partai Komunis China Undang Megawati ke Pertemuan Parpol se-Asia

DEMOKRASI.CO.ID - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri diundang ke pertemuan partai politik se-Asia atau The International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) 2019.

Undangan itu diajukan kepada Megawati setelah melakukan jamuan makan siang bersama Song Tao dari Partai Komunis Tiongkok di Restoran Li Feng, Hotel Mandarin Oriental, Bundaran HI Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam jamuan makan siang itu, Megawati sebagai ketua umum partai pemerintah diundang ke ICAPP 2019 yang akan digelar November mendatang.

"Yang Mulai Song Tao juga mengundang ibu Megawati Soekarnoputri untuk menghadiri pada bulan November 2019 pertemuan dengan seluruh partai politik pemerintah di Asia," kata Hasto saat ditemui di Hotel Mandari Oriental, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Hasto menjelaskan, dalam pertemuan ICAPP, Presiden ke-5 RI itu akan berdiskusi bersama puluhan ketua umum partai pemerintah dari negara lain se-Asia.

"Sebagaimana menjadi tradisi PDI Perjuangan, kami kembangkan termasuk dengan CPC (Partai Komunis Cina) ini. Maka dalam pertemuan itu, diangkat upaya-upaya bagaimana kerja sama antarpartai politik itu sebagai second track diplomasi dan juga akan memberikan dukungan terhadap kerjasama antara kedua bangsa," jelasnya.

Song Tao melakukan jamuan makan siang bersama Megawati ini setelah menemui presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat pada pagi harinya.

Pantauan Suara.com di lokasi, Megawati didampingi oleh petinggi partai seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi Partai PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.

Adapun delegasi penasihat luar negeri Presiden China antara lain Y.M Song Tao, Sun Haiyan (Direktur Jenderal Biro I IDCPC), Y.M Qiao Qian (Duta Besar China untuk Indonesia), dan anggota lainnya. [sur]

Komentar Pembaca

loading...