logo
×

Rabu, 13 November 2019

Baru Sepekan Dipolemikkan, Tiba-tiba Sri Mulyani Sebut Desa Fiktif Sudah Tidak Ada

Baru Sepekan Dipolemikkan, Tiba-tiba Sri Mulyani Sebut Desa Fiktif Sudah Tidak Ada

DEMOKRASI.CO.ID - Kabar ditemukan adanya desa tidak berpenghuni, tapi mendapat anggaran pemerintah muncul sepekan lalu dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Salah satu yang diduga sebagai desa fiktif seperti dikutip Kompas.com adalah tiga desa di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Desa tersebut adalah Desa Uepai dan Desa Morehe di Kecamatan Uepai, serta Desa Ulu Meraka di Kecamatan Onembute.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rekomendasi pemeriksaan Inspektorat Provinsi Sultra tanggal 27 Juli 2018.

Desa fiktif lainnya adalah Desa Wonorejo di Kalimantan. Desa tersebut disebut menerima bantuan selama 2 tahun.

Namun, tiba-tiba kini Sri Mulyani menyatakan, desa-desa fiktif tersebut sudah tidak ada lagi di daerah.

"Iya sudah (hilang), sudah tidak ada," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Sri Mulyani menambahkan, pihaknya sebelumnya bersama beberapa kementerian terkait sudah melakukan pembahasan terkait laporan desa fiktif.

"Itu sudah membahas mengenai hal itu ya," kata dia.

Sebelumnya, Sri Mulyani menemukan ada desa fiktif yang tidak berpenghuni, tapi dapat anggaran pemerintah melalui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD),

Sri Mulyani menjelaskan, desa fiktif tersebut tidak berpenghuni karena memang tidak terdaftar sebelumnya, namun belum diketahui siapa yang membuatnya.

"Karena adanya transfer ajeg dana desa, ada desa-desa baru tidak ada penduduknya, tapi ada transfer tiap tahun," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019). [tnc]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: