logo
×

Jumat, 08 November 2019

Tahun Ini, Pemerintah Sudah Tambah Utang Baru Rp317 Triliun

Tahun Ini, Pemerintah Sudah Tambah Utang Baru Rp317 Triliun

DEMOKRASI.CO.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menambah utang baru sebesar Rp317 triliun. Realisasi utang yang masuk dalam target APBN 2019 itu digunakan untuk menutupi defisit anggaran tahun ini yang diprediksi melebar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, penambahan utang baru itu lebih tinggi 3,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp306,4 triliun. Meski naik, dia menjamin utang akan dikelola secara hati-hati.

"Rasio utang Indonesia lebih kecil dibandingkan dengan Malaysia yaitu 50 persen dari PDB dan Jepang yang mencapai 200 persen dari PDB," kata Sri Mulyani saat rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, Kemenkeu akan terus mencari instrumen utang dengan bunga dan risiko yang rendah. Hal ini penting agar utang yang dimiliki pemerintah tidak mengganggu kondisi APBN.

"Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah memperbesar surat berharga negara (SBN)," ucapnya.

Saat ini, SBN masih mendominasi utang pemerintah ketimbang pinjaman. Namun, kata Sri Mulyani, pemerintah akan terus berupaya memperdalam pasar keuangan dengan memperbanyak penerbitan SBN ritel sehingga risiko volatilitas ekonomi, khususnya rupiah bisa berkurang.[in]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: