logo
×

Minggu, 09 Februari 2020

Gelar Operasi Pasar, Anies Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Gelar Operasi Pasar, Anies Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

DEMOKRASI.CO.ID - Guna memenuhi kebutuhan masyarakat, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan hari ini membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) di Toko Tani Indonesia Centre Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Operasi pasar ini dilakukan terhadap kebutuhan cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan bawang putih untuk menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga, serta memastikan ketiga stok bumbu dapur tersebut mencukupi.

Setidaknya, ada sebanyak 22 kendaraan masing-masing membawa 500 kg bawang putih dan 250 kg cabai yang akan didistribusikan ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta dengan harga terjangkau, yaitu bawang putih seharga Rp 30.000 per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp 35.000 per kilogram.

"Pagi ini kita menyaksikan pemberangkatan kendaraan yang akan melakukan operasi pasar. Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan pada wilayah di luar Jakarta. Di sisi lain, harga yang terjadi di Jakarta memiliki implikasi nasional," ujar Anies di lokasi, Minggu (9/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir dengan membawa pasokan tambahan untuk membuat harga menjadi stabil kembali.

"Jadi intervensi yang dilakukan dalam bentuk operasi pasar, pasokan untuk cabai merah dan bawang putih adalah bagian untuk stabilisasi harga. Dan Insya Allah dengan operasi yang dilakukan ini, maka harga di Jakarta bisa lebih stabil," tutur Anies.

Anies berharap, kegiatan operasi pasar ini sukses menjangkau dan tepat sasaran bukan hanya pada 22 pasar, tetapi juga ke seluruh pasar-pasar di Jakarta guna menstabilkan tingginya harga, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan wirausaha kuliner UMKM.

"Harapannya, seluruh kawasan di Jakarta mendapatkan pasokan kebutuhan pokok secara stabil, harganya stabil, keluarganya bahagia," pungkasnya. (rml)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: