logo
×

Jumat, 21 Februari 2020

Ketika Jokowi Kesal Uang Negara Rp220 Triliun Tak Dihabiskan

Ketika Jokowi Kesal Uang Negara Rp220 Triliun Tak Dihabiskan

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti uang negara dalam bentuk dana transfer ke daerah tidak dimanfaatkan dengan baik oleh kepala daerah.

Tercatat, pada November dan Oktober 2019 uang yang berada rekening bank daerah mencapai Rp220 triliun, meskipun pada Desember 2019 turun menjadi Rp110 triliun. Pengendapan uang ini membuat Jokowi kesal lantaran tidak memberikan manfaat bagi ekonomi daerah.

"Saya peringatkan di November dan Oktober 2019 yang lalu uang yang berada di bank-bank daerah di mana APBD itu disimpan masih pada angka Rp220 triliun sehingga tidak mempengaruhi ekonomi daerah," ujar Jokowi saat Rakornas Investasi 2020 di Jakarta.

Meskipun pada Desember 2019 dana transfer daerah mengalami penurunan hingga Rp110 triliun. Namun, angka itu masih cukup besar dan akan lebih baik jika digunakan untuk mensejahterakan masyarakat di masing-masing daerah dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Ini apabila bisa dihabiskan sebetulnya beredar di masyarakat ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi mempengaruhi kesejahteraan ada di daerah itu," kata Jokowi.(Okezone.com)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: