logo
×

Selasa, 03 Maret 2020

1 Warga Bogor Diduga Terinfeksi Virus Corona, Seorang Mahasiswa

1 Warga Bogor Diduga Terinfeksi Virus Corona, Seorang Mahasiswa

DEMOKRASI.CO.ID - Seorang warga Bogor diduga terinfeksi virus corona. Kini dia ada di Jakarta.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menjelaskan jika pihaknya tengah mengawasi satu orang terkait dugaan suspect virus corona. Hanya saja Dedie masih mengumpulkan data dan hasil pemeriksaan resmi.

Dedie menjelaskan jika mahasiswa itu memang baru pulang dari Nanjing, China.

"Jadi informasinya ada mahasiswa yang pulang dari Nanjing, China. Tapi dia sudah melakukan perjalanan ke mana-mana juga. Kita juga belum bisa melacak apakah yang bersangkutan itu terpapar atau tidak. Secara data kita belum ada yang valid, tapi informasi seperti tetap kita tampung. Jumlahnya satu orang sekarang dia di Jakarta, katanya warga Kota Bogor," kata Dedi di RSUD Kota Bogor, Selasa (3/3/2020).

Dedie menjelaskan, pernyataan suspect atau tidaknya pasien hanya dikeluarkan Balitbangkes. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi terkait wabah virus asal Tiongkok tersebut.

"Jadi yang bisa menentukan yang bersangkutan terkena COVID-19 atau tidak kan buka kita, tapi dari Balitbangkes. Tapi kita kan haru terintergrasi kalau memang nanti ada kita harus siap," ungkapnya.

Mantan direktur KPK itu menambahkan, Pemkot Bogor telah menyiapkan dua ruang isolasi di RSUD Kota Bogor jika ada pasien yang diindikasikan suspect corona sebagai penanganan awal sebelum dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar.

"Kota Bogor mau tidak mau harus mempersiapkan diri tentunya karena permasalahan ini tentunya serius dan sudah ada di depan mata. Jadinya tentu kita harus siapkan semuanya oleh berbagai pihak terutama di bidang kesehatan," tutup Dedie.(sc)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: