logo

Rabu, 25 Maret 2020

Dokter Tirta: Influencer Donasi buat Corona, Jangan Manfaatin Followers

Dokter Tirta: Influencer Donasi buat Corona, Jangan Manfaatin Followers

DEMOKRASI.CO.ID - Dokter sekaligus influencer Tirta Mandiri Hudhi menyentil selebritas media sosial, agar turut membantu menangani permasalahan wabah virus corona Covid-19 di Indonesia.

Lelaki lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini menyebut, influencer sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menggalang dana.

"Itu harusnya peran influencer sangat gede," kata dr Tirta saat mengisi acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (24/3/2020).

Ia juga menyebut sejumlah nama selebritas media sosial Indonesia seperti Atta Halilintar, Reza Arap, dan Rachel Venya agar turut serta menggalang dana untuk membantu masyarakat menghadapi virus corona.

"Kalian-kalian itu, saudara Atta Halilintar, Reza Arap, Rachel Venya dan teman-teman yang punya follower banyak yang selalu pamer mobil mewah di setiap Instagram dan YouTube-nya. Tolong lah itu, jual satu mobilmu dan berikan donasi ke teman-temanmu kalau memang kamu real pahlawan di sini, man," ujar Tirta.

"Jangan cuma manfaatin followers buat pribadi," imbuhnya.

Dokter yang kini terjun sebagai relawan kemanusiaan ini memperkirakan penghasilan para influencer dapat membantu masyarakat yang terdampak peraturan tetap berada di rumah.

"Bayangin itu ads untuk 10 juta subscriber itu berapa miliar. Sumbangin lah, langsung buat ojol, mereka akan lockdown langsung dalam 14 hari," kata Tirta.

Namun, ia juga masih belum bisa memastikan semua influencer akan bersedia berpartisipasi dalam misi kemanusiaan tersebut.

"Tapi apa semua influencer mau? enggak. Kalaupun ada, contoh Rachel Vennya kemarin donasi dapat Rp 5 miliar, Rp 2 miliarnya dikasih ke PMI lewat Kitabisa," tuturnya.

Dokter Tirta mengusulkan ide tersebut sebagai langkah yang bisa dilakukan sembari menunggu pemerintah menyapkan opsi menangani virus corona.

"Corona itu harusnya menjadi momen rakyat Indonesia saling membantu," ungkapnya.(*)
loading...