logo
×

Rabu, 06 Mei 2020

Janji Mensos Benahi Bansos yang Tumpang Tindih

Janji Mensos Benahi Bansos yang Tumpang Tindih

DEMOKRASI.CO.ID - Tumpang tindih masih terjadi dalam proses penyaluran bantuan sosial (Bansos). Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengungkapkan sejumlah permasalahan dalam penyaluran bansos sembako bagi warga DKI Jakarta.

Salah satu permasalahan yang diungkap, ialah hampir semua penerima bantuan dari DKI dapat dobel. Padahal menurutnya, kesepakatan awal terkait penyaluran bansos tidak demikian.

Banyak sekali, atau hampir semua yang terima bantuan sembako Kemensos ini ternyata sudah terima bantuan sembako dari Pemprov DKI. Pada saat ratas (rapat terbatas) terdahulu kesepakatan awalnya sebenarnya tidak demikian," kata Juliari dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI yang digelar secara virtual, Rabu (6/5/2020).

Juliari menjelaskan, pihaknya diminta oleh Gubernur Anies Baswedan untuk meng-cover keluarga yang tidak dapat bansos sembako dari Pemprov DKI. Namun data penerima bantuan yang diterima Kemensos, ternyata sama dengan yang dimiliki Pemprov DKI.

Gubernur DKI meminta bantuan pemerintah pusat untuk meng-cover keluarga yang tidak bisa di-cover oleh DKI. Artinya apa? Mereka tidak melayani atau tidak memberikan data yang sama antara penerima bantuan sembako DKI dengan sembako Kemensos," papar Juliari.

"Tapi yang terjadi di lapangan, ternyata datanya sama persis. Ini kami temui tidak di satu-dua titik, tapi di belasan titik. Saya sendiri berdialog dengan RT, RW di lapangan, dan warga," imbuhnya.(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: