logo
×

Rabu, 08 Juli 2020

Satu Kaki AS Sudah di Luar Organisasi Kesehatan Dunia

Satu Kaki AS Sudah di Luar Organisasi Kesehatan Dunia

DEMOKRASU.CO.ID - Satu kaki Amerika Serikat (AS) tak berpijak di Badan Kesehatan Dunia (WHO) ketika secara resmi proses keluarnya AS sudah dimulai. Pemerintahan Presiden Donald Trump baru tinggal memenuhi beberapa kewajiban agar sepenuhnya keluar dari WHO.
Sebagaimana dilansir dari AFP dan CNN, Rabu (8/7/2020), seorang juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS dan seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya menyatakan bahwa AS telah memberitahu Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, bahwa AS akan secara efektif keluar dari WHO pada tahun depan.

"Pemberitahuan penarikan diri Amerika Serikat, efektif pada 6 Juli 2021, telah diserahkan kepada Sekretaris Jenderal PBB, yang merupakan depository untuk WHO," sebut seorang pejabat Deplu AS yang enggan disebut namanya.

Donald Trump Resmi Ajukan Pengunduran Diri AS dari WHO
Laporan Associated Press (AP) menyebut bahwa pihak Deplu AS dan PBB menyatakan bahwa pemberitahuan soal penarikan diri dari WHO itu dikirimkan kepada Guterres pada Senin (6/7) waktu setempat. Namun, baru akan berlaku efektif dalam setahun ke depan.

Di bawah ketentuan penarikan diri, AS harus memenuhi kewajiban finansial kepada WHO sebelum semua prosesnya diselesaikan. AS yang merupakan penyumbang terbesar bagi WHO, diketahui membayar lebih dari US$ 450 juta per tahun. Saat ini, AS diketahui masih harus membayar kewajiban sebesar US$ 200 juta kepada WHO.

Diketahui bahwa pada 29 Mei lalu, Trump mengumumkan AS akan keluar dari WHO karena hal yang disebutnya sebagai respons tidak memadai untuk awal pandemi virus Corona (COVID-19) yang pertama muncul di Wuhan, China, akhir tahun lalu.

Kurang dari dua pekan sebelum itu, AS merilis peringatan terhadap WHO yang memberikan waktu 30 hari kepada badan kesehatan PBB itu untuk melakukan reformasi atau kehilangan dukungan AS. Saat itu, Trump dalam pengumuman resmi Gedung Putih menyebut otoritas China mengabaikan kewajiban melapor pada WHO dan menekan WHO untuk menyesatkan publik soal kemunculan wabah Corona.

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Sekjen PBB menyatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan dari AS itu. "Kini masih dalam proses memverifikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia soal apakah seluruh persyaratan untuk penarikan semacam itu telah dipenuhi," sebut juru bicara tersebut.

Persyaratan yang dimaksud 'termasuk memberikan pemberitahuan satu tahun dan sepenuhnya memenuhi pembayaran kewajiban finansial yang ditetapkan'. Disebutkan juga bahwa pengiriman surat pemberitahuan dari AS kepada PBB ini menandai dimulainya proses penarikan diri yang berlangsung selama setahun ini.

Salah satu Senator AS dari Partai Demokrat, Robert Menendez, yang merupakan anggota Komisi Hubungan Luar Negeri Senat AS membenarkan bahwa Trump telah memberitahukan Kongres AS secara resmi soal penarikan AS dari WHO. Menendez sendiri mengkritik langkah yang diambil Trump ini.

"Kongres telah menerima pemberitahuan bahwa POTUS (Presiden AS-red) secara resmi menarik AS dari WHO di tengah pandemi," sebut Menendez.

Menendez menyebut respons Trump terhadap COVID itu kacau dan tidak koheren. "Ini tidak akan melindungi nyawa warga Amerika atau kepentingannya -- ini membuat warga Amerika sakit dan hanya Amerika sendiri," tegasnya.(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: