logo
×

Rabu, 02 September 2020

CATAT! Mulai 7 September, Warga Indonesia Dilarang Masuk Malaysia

CATAT! Mulai 7 September, Warga Indonesia Dilarang Masuk Malaysia

DEMOKRASI.CO.ID - Mulai 7 September 2020 mendatang, warga negara Indonesia (WNI) dilarang masuk Malaysia. Penyebabnya, adalah lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Selain melarang masuknya warga Indonesia, aturan yang sama berlaku bagi warga negara India dan Filipina.

Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob menyebutkan, pelarangan tersebut diambil untuk membendung kasus Covid-19 impor dari negara-negara tersebut.

“Komite khusus kabinet mengetahui lonjakan mendadak kasus positif Covid-19 di negara tertentu. Rapat hari ini memutuskan memberlakukan pembatasan terhadap warga negara India, Indonesia, dan Filipina untuk masuk,” kata Ismail, dikutip dari The Star, Selasa (1/9/2020).

Ismail menuturkan, bahwa larangan masuk ini juga berlaku bagi pemegang visa jangka panjang, seperti penduduk tetap, ekspatriat, peserta Malaysia My Second Home, pemegang izin kunjungan profesional, pasangan warga negara Malaysia, dan pelajar.

“Kendati demikian, Pemerintah Malaysia masih memberikan dispensasi untuk kasus tertentu meskipun mereka harus melewati pemeriksaan sangat ketat,” terangnya.

Ismail menambahkan, pemerintah juga memantau kondisi negara lain dan tidak menutup kemungkinan larangan masuk serupa diperluas kepada negara lain yang mengalami lonjakan kasus.

“Kami telah meminta Kementerian Kesehatan untuk membuat perencanaan rinci tentang bagaimana Malaysia harus menghadapi ancaman dan tantangan mengingat kemungkinan peningkatan kasus selama musim dingin,” pungkasnya.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: