logo
×

Rabu, 02 September 2020

Ekonomi 2021 Diprediksi Tidak Akan Pulih 100 Persen

Ekonomi 2021 Diprediksi Tidak Akan Pulih 100 Persen

DEMOKRASI.CO.ID - Pemulihan ekonomi nasional sangat bergantung pada ketersediaan vaksin Covid-19. Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Diketahui, distribusi vaksin masal sendiri diperkirakan baru bisa dilakukan pada semester-II 2021.

Sri Mulyani menuturkan, jika proses vaksinasi berjalan lancar, maka pemerintah yakin roda perekonomian akan kembali normal dan ditargetkan tumbuh 4,5 hingga 5,5 persen.

“Semua prediksi mengenai vaksin baru akan bisa dilakukan secara meluas ditemukan dan dilakukan, pada semester-II. Sehingga semester I tahun depan tidak bisa asumsi pemulihan fully power karena Covid,” katanya dalam rapat kerja bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi XI Jakarta, Rabu (2/9).

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, pandemi Covid-19 menghalangi laju daya beli masyarakat atau tingkat konsumsi rumah tangga dan investasi. Berbagai stimulus yang diberikan diharapkan dapat menopang daya beli masyarakat.

“Kita sangat bergantung pada pemulihan semester-II dan ini berikan pengaruh ke seberapa tinggi pemulihan pada 2021,” tuturnya.

Ia melihat, perbaikan ekonomi sudah mulai terjadi pada kuartal-III. Hal itu tampak dari pergerakan atau mobilitas masyarakat yang mulai tinggi karena adanya relaksasi pembatasan sosial.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: