logo
×

Jumat, 20 November 2020

Foto-Video Prajurit TNI Turunkan Baliho HRS di Petamburan

Foto-Video Prajurit TNI Turunkan Baliho HRS di Petamburan

DEMOKRASI.CO.ID - Personel gabungan termasuk prajurit TNI melakukan penertiban baliho tak berizin di sejumlah titik di ibu kota Jakarta, Jumat (20/11/2020). Salah satunya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Di sana TNI dan personel gabungan lainnya mencopot baliho-baliho besar bergambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Baliho berukuran sekitar tiga kali tiga meter itu dianggap tidak mematuhi izin pemasangan.

Dalam waktu tidak lama kawasan Petamburan bersih dari baliho-baliho sisa penyambutan Habib Rizieq itu. Terlihat sejumlah warga tampak meratapi baliho-baliho yang disobek dan disingkirkan oleh anggota TNI.

Kegiatan ini merupakan bagian dari penertiban baliho-baliho tak berizin di Jakarta yang mengerahkan 500 personel gabungan. Sejumlah kendaraan taktis diterjunkan untuk mengawal kegiatan yaitu terdiri atas empat panser anoa dan puluhan sepeda motor yang berkonvoi dari Monas hingga Petamburan.

"Ini bagian dari kegiatan tiga pilar sebagai patroli pengamanan dan kami juga melakukan pelepasan baliho-baliho yang terpasang tidak sesuai aturan," kata Dandim 05/01 JP BS Kolonel Inf Luqman Arief yang memimpin kegiatan tersebut.

Menurut pantauan, rute penertiban baliho dilakukan mulai dari Jalan Budi Kemuliaan lalu berbelok ke arah Jalan Abdul Muis, lalu ke arah Pasar Tanah Abang, dan mengarah ke kawasan Petamburan. Selepas dari Petamburan perjalanan berlanjut menuju ke Bundaran Semanggi dan mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman lalu kembali ke titik awal yaitu Monas.

"Dari jalur yang kami lewati kurang lebih ada 10 baliho liar yang kami amankan," ujar Luqman.

Beberapa baliho yang ditertibkan antara lain milik partai, lalu baliho milik salah satu BUMN hingga baliho sisa penyambutan Habib Rizieq Shihab yang dipasang oleh pendukungnya. Ke depan, kegiatan serupa dilaksanakan lebih rutin untuk memastikan keamanan di Jakarta Pusat tetap kondusif dan aman serta bersih dari baliho-baliho tidak berizin.

"Tentu kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait soal penertiban baliho ini. Kami koordinasi dengan Kesbangpol DKI Jakarta, Satpol PP, dan kepolisian agar wilayah Jakarta Pusat ini tidak lagi dihiasi baliho-baliho tidak berizin," ujar Luqman.


Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: