logo
×

Kamis, 12 November 2020

Ramai Akun dan Halaman Facebook Diblokir Karena Membagikan Konten Soal HRS, Apa Penyebabnya?

Ramai Akun dan Halaman Facebook Diblokir Karena Membagikan Konten Soal HRS, Apa Penyebabnya?

DEMOKRASI.CO.ID - Beberapa hari ini banyak netizen mengeluh akun Facebooknya mendapat pemberitahuan dari Facebook karena melanggar Standar Komunitas Facebook atas postingan yang mereka terbitkan.

Sejak kepulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab dari Arab Saudi membuat masyarakat bersuka cita menyambut kedatangannya.

Akan hal itu tak sedikit juga membagikan kebahagiaan mereka ke sosial media seperti Facebook dan juga media sosial lainnya dengan cara membagikan foto maupun video soal Habib Rizieq.

Akan tetapi tidak berapa lama setelah mereka membagikan atau membuat status yang bersangkutan soal Habib Rizieq, postingan mereka dihapus bahkan akun mereka diblokir dan parahnya bisa dinonaktifkan oleh Facebook karena membagikan foto ataupun video (bisa juga hanya sekedar teks Habib Rizieq Syihab).

Kenapa ini bisa terjadi?

Hal ini bukanlah kejadian pertama Facebook memblokir atau menghapus apapun yang bersangkutan mengenai Habib Rizeq Syihab.

Menceritakan sedikit pengalaman soal ini, Demokrasi.co.id juga pernah mengalami hal ini.

Seperti pantauan Demokrasi.co.id, ini berawal dari demo besar-besaran 411 hingga 212 soal penistaan agama yang dilakukan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Disitulah awal bermulanya yang bersangkutan soal Habib Rizieq mulai sensitif di Facebook.

Ketika Facebook menghapus postingan yang berkaitan dengan Habib Rizieq, Facebook menganggap jika Habib Rizieq adalah Teroris.

Dan jika akun tersebut berungkali melakukan kesalahan yang dianggap melanggar Standar Komunitas Facebook akunnya akan berujung di Nonaktifkan permanen dan juga Halaman Facebooknya akan dibatalkan penerbitannya.

Apa penyebab semua ini?

Secara umum ini bisa terjadi jika suatu postingan sebagai contoh seperti postingan berkaitan soal Habib Rizieq yang gencar diblokir saat ini oleh Facebook. semua hal menyangkut dengan Habib Rizieq baik itu Foto, Video atau hanya sekedar nama (teks) Habib Rizieq Syihab semua akan dihapus.

Hal ini dapat terjadi, karena terus-terusan dilaporkan sebagai postingan yang dianggap melanggar.

Siapa pelakunya, mungkin akun-akun yang tidak suka dengan Habib Rizieq atau bisa juga dilakukan oleh para Buzzer. dan bisa juga faktor lainnya.

Seperti dilihat di akun Twitter Babe Haikal Hassan @haikal_hassan, ada hal yang menarik yang dibagikannya.

Babe Haikal membagikan capture foto soal Bos Facebook Indonesia.

Disana terlihat Bos Facebook Indonesia Peter Lydian pernah membagikan sebuah tweet Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada tahun 2016.

"oohhhhhh...... paham deh....  netizen pada paham nggak ?" tulisnya di capture foto tersebut.

foto Twitter



Apakah ada kaitannya dengan konten yang berhubungan dengan Habib Rizieq Syihab yang dihapus dengan Bos Facebook Indonesia ini? (*)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: