logo
×

Rabu, 02 Desember 2020

Spanduk HRS Terpasang di Jembatan Ampera Viral, Polisi Cari Pembuat Video

Spanduk HRS Terpasang di Jembatan Ampera Viral, Polisi Cari Pembuat Video

DEMOKRASI.CO.ID - Dunia maya terutama di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) mendadak ramai. Beredar video singkat gowes bareng alumni 212 dan spanduk bergambar Habib Rizieq Shihab di Jembatan Ampera. 

Pada video singkat itu, dimulai dengan sejenis logo 212 lalu muncul Jembatan Ampera. Kemudian tampak sejumah orang berdiri di samping sepeda masing – masing di pelataran BKB. Pada menit berikutnya terlihat spanduk bergambar Habib Rizieq Shibah terpasang tepat di tengah Jembatan Ampera.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji menjelaskan, video gowes bareng alumni 212 yang beredar di medis sosial adalah hoaks.  “Dipastikan pada hari ini 2 Desember tidak ada kegiatan kerumunan massa di Palenbang seperti yang terlihat pada video viral,” ujarnya di Palembang, Rabu (2/12/2020). 

Menurutnya, video tersebut dibuat agar seolah – olah terjadi kegiatan gowes bareng para alumni 212. Di mana dalam video, sejumlah orang membentangkan spanduk bergambar Habib Rizieq Shihab di Jembatan Ampera dengan narasi revolusi akhlak. 

“Video itu menyesatkan atau hoaks. Itu video dirangkai orang yang tidak bertanggungjawab dan diduga untuk kepentingan tertentu. Video berlatar Benteng Kuto Besak itu diambil pada Juli 2020,” ucapnya.

Sedangkan pemasangan spanduk yang dilakukan sekelompok orang hanya untuk mengambil video. Setelah itu, spanduk tersebut langsung dilepas atau diturunkan.

Selanjutnya, Polrestabes Palembang melalui Sat Intelkan melakukan pendalaman dan mengusut video viral. “Saat ini fokus ke pembuat vido. Bila terbukti bisa dipidana sesuai dengan UU ITE,” katanya. (*)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: