logo
×

Jumat, 26 Februari 2021

Cek Ombak, Simulasi Lawan Anies Bisa Jadi Penentu Nasib Prabowo Di 2024

Cek Ombak, Simulasi Lawan Anies Bisa Jadi Penentu Nasib Prabowo Di 2024

DEMOKRASI.CO.ID - Hasil beberapa lembaga survei yang menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto masih tinggi tak menjamin Partai Gerindra akan kembali mengusung mantan Danjen Kopassus itu di Pilpres 2024.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno saat menjadi narasumber dalam serial diskusi daring Tanya Jawab Cak Ulung bertajuk "Melacak Tokoh Potensial 2024" pada Kamis (25/2).

"Tergantung siapa lawan tandingnya, kalau lawan tandingnya enggak bagus-bagus amat, tentu orang akan memilih Prabowo. Tetapi kalau lawan tandingnya bagus, tentu akan memalingkan wajahnya ke yang lain," kata Adi Prayitno.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjelaskan, survei bersifat dinamis. Karena itu, Partai Gerindra bisa saja mengusung figur selain Prabowo Subianto.

"Makanya nanti, kalau dalam survei itu ada simulasi head to head, misalnya Prabowo vs Anies, itu akan keliatan publik lebih ingin ke siapa," tuturnya.

Bahkan bila Prabowo dihadapkan dengan Anies Baswedan, kata dia, bisa saja pemilih Jokowi di Pilpres 2019 akan memilih absen atau golput lantaran Anies dan Prabowo pernah dalam satu koalisi.

"Kalau di 2024 Prabowo vs Anies, akan kelihatan distribusi suaranya, apakah akan lebih memilih Prabowo yang saat ini dianggap lebih menjadi bagian pemerintah, atau lebih memilih Anies," kata Adi Prayitno.

"Ini yang saya kira apakah Prabowo tetap bisa naik, tergantung siapa lawan tandingnya," imbuhnya. (*)

loading...